Excellent Service

Layanan Transportasi Ala Merseytravel

Di saat sistem transportasi di Indonesia sedang mencari bentuk, gambaran jelas yang ditampilkan oleh Merseytravel dapat menjadi patokan untuk membentuk sistem transportasi yang terintegrasi sepenuhnya.

merseytravel

Merseytravel adalah salah satu pengelola sistem transportasi daerah Liverpool yang tergabung dalam The Passenger Transport Executive, badan eksekutif yang menyediakan profesionalisme, strategi dan transportasi operasional di seluruh wilayah Inggris. Merseytravel memiliki seluruh perangkat transportasi yang terdiri dari loket dan mesin penjual tiket, web, dan aplikasi pembuat rencana perjalanan, call center yang dapat diakses setiap waktu, franchise bisnis, portal iklan, izin operasi rel kereta api, halte, terminal, stasiun, terowongan, dan berbagai infrastruktur lainnya. Hanya dengan membuat jadwal di website resmi atau mobile app, penumpang dapat membuat rencana perjalanan secara online dengan satu tiket yang bernama Walrus.

Berkat pemikiran inovatifnya, Merseytravel merintis metode baru yang menjangkau setiap kelompok demi mempromosikan dan meningkatkan kesadaran angkutan umum. Sinkronisasi jadwal perjalanan secara online dan aktualisasi di lapangan dilakukan secara real-time untuk membantu menampilkan informasi perjalanan yang aktual. Kebutuhan penumpang akan informasi yang up-to-date menjadi sesuatu yang krusial dan Merseytravel dapat menjadikan ini sebagai kekuatannya.

Merseytravel menghabiskan sekitar £160 juta per tahun demi menyediakan perlengkapan, jasa untuk memfasilitasi sistem transportasi di seluruh wilayah Liverpool. Dana tersebut digunakan untuk beberapa layanan transportasi publik yang vital sesuai kebutuhan sosial yang penting seperti menyediakan, memelihara, dan meningkatkan fasilitas halte bus, tempat penampungan, stasiun, informasi jadwal bus, dan staf setiap stasiun bus—dari ketika bus pertama tiba sampai bus terakhir.

Merseytravel memiliki tim engagement perusahaan yang sangat aktif untuk merintis kemitraan TravelSafe dan layanan JobLink. Dengan membuka semua peluang bisnis melalui portal online/e-portal dengan organisasi sektor publik lainnya di North West of England, Merseytravel dapat berfungsi sebagai jaringan transportasi terpadu kelas dunia ini dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat dalam dan luar negeri.

Selain memberikan nilai ekonomis dengan layanan pelanggan tanpa batas waktu dan tempat, Merseytravel pun bekerja sama dengan operator angkutan pribadi dan pengelola franchise rel untuk Departemen Transportasi demi menyesuaikan kebutuhan penumpang Merseytravel. Selain mengoperasikan Mersey Tunnels atas nama Otoritas Gabungan Kota Liverpool, Merseytravel juga memiliki dan mengoperasikan Mersey Ferries, U-Boat Story, Spaceport, dan The Beatles Story.

Jajak pendapat independen menunjukkan Merseyrail sebagai top performing operator kereta api di Inggris. Di antara banyak penghargaan, Merseytravel telah mencapai status Excellence untuk transportasi umum yang terintegrasi, perencanaan transportasi umum yang terintegrasi, dan skema pengiriman transportasi umum.

Jika Merseytravel sudah menciptakan sistem transportasi berbagai moda yang terintegrasi, Indonesia pun dapat belajar membangun mekanisme perjalanan secara efektif dan efisien. Dengan mencontoh integrasi sistem transportasi seperti Merseytravel, pembangunan transportasi Indonesia diharapkan dapat menggerakkan roda perekonomian walaupun dalam proses regenerasi.

Tatit Kurniasih

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top