Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Lazada Sambangi 11 Kota Bantu UKM Go Online

Meski memiliki dampak yang sangat siginifikan karena jangkauan luas dan biaya efisien. Namun dalam prakteknya usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia belum mengadopsi pemasaran dalam jaringan (daring) secara maksimal.

Hal ini dikarenakan banyak pelaku UKM yang gaptek dengan teknologi informasi. Menyikapi kondisi tersebut, Lazada, destinasi belanja online nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara, meluncurkan program roadshow #upgradeUKM guna memfasilitasi pengembangan potensi UKM lokal di berbagai daerah Indonesia.

Co-CEO Lazada Indonesia, Florian Holm, mengemukakan Lazada tidak hanya memfasilitasi dan membantu pedagang dan UKM di kota-kota besar, tetapi terus mencari di berbagai pelosok daerah agar menciptakan lebih banyak titik digital perekonomian baru di Tanah Air.

Lazada bersama Facebook dan SiCepat akan mengunjungi dan mengedukasi UKM-UKM di 11 kota di Indonesia. Di setiap kota tersebut akan diselenggarakan seminar dan forum edukasi mengenai industri e-commerce dan ekosistem digital beserta potensi-potensi yang dapat diraih di masa depan kepada para wirausahawan, termasuk para pedagang dan UKM setempat.

“Kami akan memberikan edukasi, mencari tahu tantangan yang mereka hadapi dan memberikan solusi dalam mengembangkan usahanya,” kata Florian.

Misi utama Lazada melalui program ini adalah membantu para wirausahawan dan UKM untuk mengembangkan dan memajukan bisnis mereka ke tingkat yang lebih tinggi, khususnya bagi yang sebelumnya hanya berjualan secara offline diharapkan mampu menjangkau lebih banyak konsumen dengan berjualan online.

Sedangkan UKM yang semula memiliki usaha skala kecil dapat meningkatkan kapasitas usaha menjadi menengah atau lebih besar. “Tidak tertutup kemungkinan membuka kesempatan pelaku UKM merambah  pasar global bersama Lazada. Targetnya tahun 2018, program roadshow ini sudah menjangkau 25 kota dan kabupaten,” sebut Florian.

Guna mewujudkan misi tersebut, Lazada memberikan fasilitas gratis ongkos kirim kepada para pelanggan. Tujuannya, agar masyarakat semakin semangat terus berbelanja online, khususnya di platform Lazada. Hal ini dilakukan karena didukung oleh 3 gudang Lazada yang berlokasi di Jakarta, Surabaya dan Medan.

Lazada melakukan pengemasan sendiri barang yang diorder konsumen dan bekerjasama dengan logistik SiCepat untuk pengirimannya. “Gratis ongkos kirim ini akan berlaku seterusnya dengan berat barang maksimal 7 kilogram dan belanja minimal Rp50.000,” beber Florian.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top