LIPI Gandeng Startup Pantau Percakapan di Medsos

Dalam​ ​acara​ ​Indonesia​ ​Science​ ​Expo 2017 di Balai​ ​Kartini,​ ​Jakarta,​ ​26​ ​Oktober​ ​2017, Lembaga​ ​Ilmu​ ​Pengetahuan​ ​Indonesia (LIPI)​ menanatangani perjanjian kerja sama dengan Ivosights. Kerja​ ​sama​ ​ini​ ​merupakan​ ​yang​ ​pertama​ ​kali​ ​di​ ​Indonesia,​ ​dalam​ ​hal​ ​penelitian​ ​dan pengembangan​ ​analisis​ ​sentimen.

Ivosights“Sebuah​ ​kehormatan​ ​bagi​ ​ ​kami​ ​ ​bisa​ ​berkolaborasi,​ ​bergandengan tangan​ ​dengan​ ​lembaga​ ​riset​ ​negara​ ​kelas​ ​dunia​ ​seperti​ ​LIPI,”​ ​ujar​ ​Elga​ ​Yulwardian, CEO​ ​&​ ​Co​ ​Founder​ ​Ivosights​ ​usai​ ​penandatanganan​ ​perjanjian​ ​kerja​ ​sama.

Disebutkan​ ​Elga,​ ​kerja sama​ ​tersebut​ ​memungkinkan​ ​kedua​ ​pihak​ ​berbagi kompetensi​ ​demi​ ​menjawab​ ​tantangan​ ​pasar​ ​dan​ ​kemajuan​ ​teknologi​ ​yang​ ​sangat dinamis.​ ​Utamanya​ ​dalam​ ​memahami​ ​dan​ ​menganalisis​ ​data​ ​percakapan​ ​di​ ​media sosial​ ​lebih​ ​dalam​ ​lagi.

Opini​ ​publik

Seperti​ ​diketahui,​ ​jumlah​ ​pengguna​ ​media​ ​sosial​ ​di​ ​Indonesia​ ​meningkat​ ​pesat seiring​ ​kemajuan​ ​teknologi​ ​informasi​ ​yang​ ​bergerak​ ​cepat.​ ​Di​ ​media​ ​sosial,​ ​netizen berbagi​ ​informasi​ ​dengan​ ​bebas,​ ​sehingga​ ​membentuk​ ​opini​ ​publik. Opini​ ​publik​ ​tersebut​ ​sering kali​ ​diyakini​ ​sebagai​ ​data​ ​akurat.​ ​

Sebab​ ​opini​ ​publik terbentuk​ ​dari​ ​suatu​ ​luapan​ ​emosi,​ ​pendapat,​ ​atau​ ​cerita​ ​seseorang​ ​yang​ ​terkumpul di​ ​suatu​ ​media​ ​sosial.​ ​Twitter,​ ​misalnya,​ ​kerap​ ​kali​ ​menjadi​ ​kanal​ ​bagi​ ​warganet untuk​ ​‘curhat’​. Bagi​ ​perusahaan,​ ​data​ ​tersebut​ ​merupakan​ ​sumber​ ​informasi​ ​penting​ ​untuk mengetahui​ ​tanggapan​ ​masyarakat​ ​atas​ ​merek​ ​produk,​ ​dan​ ​layanan​ ​mereka.​ ​Begitu juga​ ​bagi​ ​partai​ ​politik​ ​atau​ ​politikus​ ​yang​ ​ingin​ ​mengukur​ ​tingkat​ ​popularitas mereka.

Tetapi,​ ​mengukur​ ​suatu​ ​sentimen​ ​atas​ ​percakapan​ ​di​ ​media​ ​sosial​ ​bukanlah​ ​hal mudah.​ ​Sebab​ ​bahasa​ ​yang​ ​digunakan​ ​di​ ​media​ ​sosial​ ​umumnya​ ​bukan​ ​bahasa formal.​ ​Inilah​ ​yang​ ​memerlukan​ ​suatu​ ​analisis​ ​agar​ ​opini​ ​media​ ​sosial​ ​itu​ ​dapat diartikan,​ ​dan​ ​dapat​ ​digunakan​ ​untuk​ ​pengambilan​ ​keputusan.

“Opini​ ​ ​mining​ ​ ​atau​ ​sentimen​ ​analysis​ ​adalah​ ​riset​ ​komputasional​ ​atas​ ​opini, sentimen​ ​dan​ ​emosi​ ​yang​ ​diekspresikan​ ​secara​ ​tekstual,”​ ​jelas​ ​Dr.​ ​Yan​ ​Riyanto Kepala​ ​Pusat​ ​Penelitian​ ​Informatika​ ​LIPI.

Menurutnya,​ ​LIPI​ ​yang​ ​kini​ ​tengah​ ​merayakan​ ​50​ ​tahun​ ​kiprahnya​ ​di​ ​Indonesia, tertarik​ ​bekerja​ ​sama​ ​dengan​ ​Ivosights​ ​karena​ ​kegiatan​ ​penelitian​ ​dan pengembangan​ ​analisis​ ​sentimen​ ​memang​ ​sejalan​ ​dengan​ ​kebutuhan​ ​industri.

“Kerja​ ​sama​ ​ini​ ​diharapkan​ ​menjadi​ ​awal​ ​yang​ ​sukses​ ​dalam​ ​riset​ ​komputasional, juga​ ​riset-riset​ ​lain​ ​yang​ ​dikembangkan​ ​dari​ ​kerja​ ​sama​ ​ini.​ ​Kami​ ​berharap​ ​penelitian ini​ ​mampu​ ​menghasilkan​ ​suatu​ ​produk​ ​atau​ ​aplikasi​ ​yang​ ​bermanfaat,​ ​dapat​ ​selalu dikembangkan​ ​sesuai​ ​kebutuhan,”​ ​jelas​ ​Yan​ ​Riyanto.

Elga ​menilai,​ ​Ivosights​ ​memiliki​ ​sejumlah​ ​kesamaan​ ​riset​ ​dengan​ ​LIPI​ ​sehingga​ ​sinergi ini​ ​merupakan​ ​kolaborasi​ ​yang​ ​saling​ ​menguntungkan​ ​bagi​ ​kedua​ ​pihak.​ ​Apalagi, platform-platform​ ​yang​ ​dikembangkan​ ​ ​ ​merupakan​ ​platform​ ​end​ ​to​ ​end yang​ ​membutuhkan​ ​banyak​ ​sumber​ ​daya.

“Kerja​ ​sama​ ​ini​ ​strategis​ ​karena​ ​kami​ ​jadi​ ​bisa​ ​berbagi​ ​kompetensi.​ ​Semoga​ ​ini dapat​ ​menginspirasi​ ​banyak​ ​ ​startup​ ​ ​lain​ ​di​ ​Indonesia​ ​untuk​ ​bahu​-membahu​ ​dengan lembaga-lembaga​ ​negara​ ​yang​ ​punya​ ​visi​ ​sama,”​ ​kata​ ​Elga. (***)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.