Dunia Digital

Live Shopping: Cara Baru Belanja Online

Kini ada alternatif baru berbelanja online, selain melalui situs e-commerce atau online shopping. Cara baru tersebut diberi nama live shopping. Keunggulan dibanding online shopping, live shopping menawarkan komunikasi dua arah sepanjang siaran di situs live streaming internet. Ini memungkinkan calon konsumen berinteraksi langsung dengan penyiar melalui komentar atau chatting. Cara ini akan mengubah kebiasaan konsumen ketika belanja online dari pasif menjadi reaktif.

live shopping

Salah satu merek yang berhasil memanfaatkan layanan live shopping adalah Adidas. Merek ini menggunakan live streaming untuk melakukan live shopping dan berdampak sangat besar ketika penandatanganan James Rodriguez ke Real Madrid.

Inilah hebatnya live shopping, menawarkan cara interaksi baru dengan menghadirkan suasana belanja di depan mata Anda. Biasanya ketika datang ke sebuah toko atau supermarket, konsumen ditawari usher secara langsung kebutuhan yang diinginkan. Di situ biasanya ada proses interaksi, bertanya tentang spesifikasi produk, harga, juga tak luput dari proses tawar-menawar.

“Kini, suasana tersebut sangat nyata di depan mata konsumen. Interaksi seperti itu merupakan kebiasaan konsumen di mana pun berada, termasuk di Indonesia. Untuk itu, CliponYu menawarkan cara belanja baru dengan layanan live shopping. Program yang digagas dengan Lazada beberapa waktu lalu menuai sukses. Kami memutuskan untuk melanjutkan program live shopping dengan Lazada,” ungkap Ken Tao, Project Director CliponYu.

Kesuksesan live shopping CliponYu yang digelar bersama Lazada, menurut Ken Tao, salah satunya karena CliponYu memiliki jumlah pelanggan yang terbilang besar, yaitu 4,6 juta.

Berangkat dari kesuksesan tersebut, program live shopping CliponYu bareng Cprogram tersebut berlanjut sampai tanggal 19 Oktober 2016. Caranya masih seperti program sebelumnya, para clippers yang membuka Lazada dari link yang ada di www.cliponyu.com secara otomatis dapat berbelanja di Lazada dan mendapatkan voucher discount sebesar 20%.

Ken Tao mengatakan, kerja sama tersebut dimaksudkan untuk mendorong laju tren live shopping di Indonesia. Para clippers akan disuguhi tontonan interaktif video live streaming, sekaligus belanja secara live.

“Ini menjadi momen penting live shopping. Mereka biasanya akan belanja gila-gilaan menjelang Natal dan tahun baru,” ungkap Ken.

Tony Burhanudin

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top