Artikel Riset

Asal Usul Logo Mercedes

Tahukah Anda jika logo Mercedes telah mengalami beberapa kali perubahan sejak nama mereknya terdaftar di tahun 1902? Ketika merek dagang Mercedes teregristrasi, nyatanya tidak ada satu logo yang menyertainya. Ide logo Mercedes justru muncul dari anak-anak pendiri Mercedes, Paul dan Adolf Daimler. Paul dan Adolf yang ketika itu sedang meneruskan usaha keluarganya, kemudian teringat jika orang tua mereka pernah menggunakan simbol bintang sebagai lambang korespondensi keluarganya.

Adapun asal muasal logo tersebut, datang dari ayah mereka, Gottlieb Daimler, yang pernah menjadi direktur teknik pabrik mesin gas Deutz pada tahun 1872 hingga 1881. Ketika menjabat posisi tersebut, Gottlieb pernah menggambar sebuah bintang di atas rumahnya pada selembar kartu pos, dan menulis surat kepada istrinya bahwa bintang tersebut akan menjadi lambang kemakmuran atas segala usaha yang telah mereka lakukan.

Lantas, di bulan Juni 1909, mereka mendaftarkan dua simbol bintang segi tiga dan segi empat sebagai merek dagang perusahaannya. Meski kedua logo tersebut telah terlindungi secara hukum, namun hanya bintang segi tiga yang kemudian selalu mereka gunakan. Mulai tahun 1910 dan seterusnya, simbol ini kemudian telah menjadi trademark Mercedes yang selalu terpasang di moncong mobil Mercedes-Benz.

Makna yang terkandung dalam bintang segi tiga itu tergolong unik. Bintang ini seringkali dianggap mewakili ambisi Daimler yang ingin menjadi penggerak dunia, di atas tanah, air, dan udara.

Setelah bertahun-tahun digunakan, logo tersebut kemudian berkembang dan mengalami beberapa perubahan. Untuk menyisipkan nama Benz, logo Mercerdes pun pernah diubah dengan menampilkan tulisan Benz sekaligus dikelilingi lingkaran daun salam. Dalam perkembangan selanjutnya, demi mengukuhkan merek dagang Benz, pada tahun 1923 mereka juga mendaftarkan merek tersebut sehingga terciptalah merek dagang Mercedes-Benz beserta logo bintangnya sampai saat ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top