Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia UKM

Luncurkan Produk Baru? Berikut Tips Menjangkau Target Pasar

Apakah Anda saat ini sedang bersemangat lantaran memiliki sebuah layahan atau produk baru dan bersiap untuk meluncurkannya?

Gambar: http://www.printwand.com/

Gambar: http://www.printwand.com/

Tahukah Anda bahwa meluncurkan sebuah layanan atau produk baru tidak cukup hanya dengan menyewa perusahaan public relation (PR) dan membuat sebuah press release. Selain di luar sana persaingan akan sengit, berita yang beredar pun silih berganti dengan begitu cepat. Berita yang dipublikasikan sulit bertahan lama di tengah banjirnya informasi yang ditunjukkan kepada konsumen.

Tentunya, Anda ingin melihat target pasar melihat berita tentang peluncuran produk Anda, kan? Nah, untuk membantu Anda berikut tips menjangkau target pasar.

Rangkul wartawan

Rencanakan peluncuran layanan atau produk baru Anda lebih awal, setidaknya 8 sampai 12 minggu di awal. Yang harus Anda ketahui, wartawan mendapatkan berita setiap hari. Mereka tidak menunggu berita Anda.

Dengan melakukan persiapan jauh-jauh hari, Anda memiliki waktu yang cukup untuk mencari wartawan yang Anda butuhkan untuk menjangkau target pasar dan yang lebih penting lagi Anda bisa membangun hubungan dengan mereka. Hubungan yang baik dengan wartawan adalah kunci sukses ketika Anda ingin eksis di media.

Influencer

Setelah menjalin hubungan dengan wartawan, hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mencari influencer yang memiliki pengaruh terhadap target pasar. Kenalkan layanan atau produk baru Anda kepada mereka secara detail sebelum diluncurkan. Beri mereka percobaan atau sampel dan minta mereka untuk berbagi review di saluran media sosial yang mereka miliki.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, dunia PR telah berubah. Sekarang, kita harus melihat dari berbagai sumber untuk mendapatkan informasi, termasuk influencer. Influencer secara online telah berhasil membangun atau mencuri perhatian public melalui blog, media sosial, video dan lainnya. Karena itu, pengaruh mereka kadang lebih besar dibanding media massa.

Media sosial

Gunakan juga media sosial untuk sedikit memberi gambaran waktu dan layanan atau produk baru Anda. Cari orang-orang yang tertarik dengan layanan atau produk baru Anda. Atau, jika Anda memiliki pendukung merek (brand advocate)  informasikan tanggal peluncuran layanan dan produk baru Anda kepada mereka, bisa berupa video atau foto. Upaya tersebut akan membuat target pasar Anda penasaran. Belum lagi, siapapun bangga jika jadi yang pertama tahu.

Realistis

Anda tidak perlu repot-repot ketika meluncurkan layanan atau produk baru jika nama merek Anda sudah besar (eksis). Tapi jangan berkecil hati, yang harus Anda lakukan adalah tetap konsisten berbagi berita dan mencoba membangun hubungan dengan konsumen. Ingat, konsumen sangat senang berinteraksi dengan perusahaan yang mereka rasa memiliki hubungan baik.

Sabar

Seperti diceritakan sebelumnya, influencer dan wartawan dibombardir dengan berita setiap harinya. Jadi, cobalah untuk bersabar dan tetap menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Jangan biarkan mereka lupa nama Anda.

Kreatif

Jangan lupa, tujuan Anda adalah mendapatkan perhatian dari target pasar. Anda bisa menjangkau mereka lewat influencer dan beberapa media dalam sehari. Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan agar apa yang Anda lakukan berbeda dari yang lain? Masukan ide kreatif Anda, misalkan dengan membuat video, atau meme lucu. (TheBalanceCom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top