Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Manfaat Multichannel Marketing bagi Bisnis

Meningkatnya tren multichannel marketing didasarkan pada fakta bahwa pelanggan saat ini memiliki lebih banyak pilihan dibanding sebelumnya untuk mendapatkan informasi.

Penyebaran saluran yang tersedia, termasukan pertumbuhan email, media sosial dan mobile, telah menyebabkan siapapun yang berada di dunia marketing untuk semakin meningkatkan kehadiran mereka.

manfaat multichannel marketing

Sumber: http://www.outsidesource.com/hs-fs/hub/188872/file-3211711477-jpg/blog-files/multichannel_marketing.jpg?t=1487190733000

Dengan multichannel marketing, bisnis saat ini bisa menjangkau sebanyak mungkin pelanggan. Berikut beberapa manfaat yang bisa bisnis dapat dari multichannel marketing.

Manajemen penjualan lewat feedback

Dengan memaksimalkan upaya pemasaran melalui kampanye di banyak saluran, perusahaan memiliki potensi mengumpulkan feedback dari segmen pelanggan yang berbeda-beda.

Kinerja kampanye tersebut juga dapat ditentukan melalui feedback dan segera membuat perbaikan jika ada yang kurang tepat. Dengan memastikan sumber daya yang digunakan efektif dan efisien, biaya oprasional bisa menurun.

Meningkatkan penjualan

Semakin terlihat pesan yang disampaikan akan lebih banyak pelanggan potensial yang didapat perusahaan.

Jika perusahaan hanya berkonsentrasi pada satu saluran, potensi menjangkau calon pelanggan akan sedikit.

Perusahaan bisa menggunakan kehadiran mereka di banyak saluran untuk membangun image yang dapat meningkatkan jumlah pelanggan, mempertahankan pelanggan atau bahkan membangun loyalitas.

Tercapainya 360-degree dari pelanggan

Ketika perusahaan mengumpulkan feedback dari pelanggan, mereka dapat lebih memahami apa yang diharapkan basis pelanggannya dan mencari tahu bagaimana meningkatkan penawaran produk atau jasanya.

Kemudian, perusahaan dapat meningkatkan upaya pemasaran dan mengidentifikasi saluran mana yang bekerja dengan baik untuk segmen pelanggan tertentu serta menyusu strategi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan kelompok pelanggan tersebut.

Itulah beberapa manfaat dari multichannel marketing. Aakah Anda merasakan manfaat lain dari multichannel marketing? Beritahu kami dalam kolom komentar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top