Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Palang Merah Kirim Dana Bantuan Kemanusiaan Lewat Ponsel

Saat ini ada 2 miliar orang yang belum memiliki akses terhadap rekening bank. Pengguna ponsel pun mencapai angka yang luar biasa, yakni hingga 7,1 miliar lahun lalu. Tahun ini diprediksi akanya segera melampaui populasi dunia.

Itu artinya, teknologi yang ada dalam ponsel tak hanya merupakan sebuah titik awal untuk membawa mereka terlibat dalam akses utama keuangan. Namun juga dengan cepat menjadi sebuah medium yang efektif untuk pengiriman bantuan kemanusiaan.

Mastercard Send untuk Bantuan Kemanusiaan
Salah satu oraganisasi kemanusiaan yang sudah memanfaatkan ponsel untuk mendistribusikan dana bantuan adalah Palang Merah.

Mastercard, Palang Merah Indonesia dan Palang Merah Amerika (American Red Cross) baru-baru ini telah meluncurkan sebuah program untuk mendistribusikan dana melalui ponsel. Kemitraan tersebut sekaligus menjadi langkah awal pengembangan Mastercard Send di sektor kemanusiaan.

 “Tujuan utama kami ialah menyediakan sebuah layanan inovatif yang memungkinkan organisasi kemanusiaan mendistribusikan dana secara efisien dan digital bagi para penerima manfaat bantuan tersebut,” ujar Shari Krikorian, vice president, Digital Payments and Labs, Mastercard.

Dengan Mastercard Send, katanya, Palang Merah dapat memulai dan mengontrol pendistribusian dana bantuan secara elektronik melalui sebuah media antarmuka tunggal (single interface).

Mastercard Send memanfaatkan teknologi yang dirancang untuk layanan pengiriman uang yang terhubung kepada jaringan yang luas dari operator jaringan seluler, bank serta institusi layanan pengiriman uang di seluruh dunia.

Teknologi tersebut memungkinkan organisasi kemanusiaan mengirimkan dana melalui saluran yang beragam, seperti kartu pembayaran, mobile money, rekening bank, dan agen cash-out, dari mana saja.

Selain itu, dengan adanya akses terhadap mobile wallet ataupun kartu pembayaran, para penerima bantuan dapat menerima jenis pembayaran lainnya seperti pengiriman uang elektronik dari teman maupun keluarga di luar negeri melalui metode yang sama. 

Kemitraan ini menandai program terbaru di mana Mastercard menggunakan teknologinya untuk membantu organisasi-organisasi internasional dalam meningkatkan distribusi bantuan kemanusiaan bagi para pengungsi, pengungsi internal (internally displaced persons) dan masyarakat miskin serta mereka yang terkena dampak bencana.

Hingga saat ini, Mastercard telah memfasilitasi pengiriman bantuan secara elektronik kepada lebih dari 2,5 juta orang dan baru-baru ini upaya tersebut telah diakui dalam dalam daftar Fortune’s Annual Change the World.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top