Media Sosial Real Time: Beriklan dengan Memanfaatkan Trending Topic

Meski penggunaan media sosial bukanlah hal yang baru dalam marketing, namun istilah media sosial real time masih terbilang baru di dunia marketing. Kendati begitu, sudah banyak perusahaan yang mengincar cara ini untuk mendongkrak mereknya.

Media_Social_Realtime

Media sosial real time sendiri adalah sebuah cara yang dilakukan pemilik merek dengan memanfaatkan trending topic di media sosial. Dan tentu saja si merek akan semakin dikenali, terutama oleh pengguna media sosial.

Hashtag (#) adalah Kuncinya

Kini bukan hanya Twitter yang menggunakan trending topic, tapi Facebook serta Google+ juga sudah menyertakan trending topic di media sosial buatannya. Ini patut diperhatikan oleh tim pemasar untuk terlibat dalam trending topic masing–masing media gratis tersebut. Memprediksi apa yang akan menjadi tren di mata penghuni dunia digital akan membuat merek Anda makin terkenal di sana.

Media sosial real time baru memasuki popularitasnya setelah Oreo sukses memanfaatkan apa yang akan menjadi trending topic di Twitter. Kala itu mati lampu melanda stadion yang digunakan oleh pertandingan Superbowl.

Pertandingan pun ditunda karena keadaan yang sangat gelap. Lalu muncullah tweet Oreo yang sangat cerdas bertuliskan, “You can still dunk in the dark”, dengan sebuah Oreo yang disinari cahaya, serta dikelilingi kegelapan (warna hitam).

Hasilnya, Oreo pun mendapat perhatian dari para penggemar cookie, dan meraup angka penjualan hingga US$ 2 juta dari iklan Superbowl tersebut.

Tips

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk dapat sukses dalam memanfaatkan trending topic.

–          Pengaruhi pola pikir dengan terlibat dalam percakapan. Mendiskusikan apa yang sedang terjadi sangat penting untuk kemudian memengaruhi pola pikir mereka. Bahkan jika tak berhasil memengaruhi, Anda tetap tak rugi karena mengetahui apa yang menarik perhatian khalayak Anda.

–          Emosional. Tidak harus marah–marah atau sedih yang berlebihan, dengan terlibat secara emosional dengan khalayak, Anda akan mendapat banyak perhatian dan retweet.

–          Hargai kreativitas dan spontanitas. Jangan hanya terus melakukan brainstorming, Anda harus bisa melihat peluang yang ada dengan cepat. Terlalu banyak pertimbangan malah akan membuat momen itu hilang.

–          Leburkan merek dengan momen. Ini mungkin tampak sulit, karena butuh beberapa persiapan. Maka ada baiknya Anda memprediksi momen yang akan terjadi. Atau Anda juga bisa membuat banyak stok ide, dan ketika momen itu datang, Anda hanya tinggal mengeluarkannya.

–          Jangan cepat puas. Hanya karena sukses sekali dalam memanfaatkan trending topic bukan berarti Anda akan sukses terus. Buat berbagai ide menarik lain dan teruslah berinovasi. Pengalaman akan membuat Anda semakin matang.

Media sosial real time akan menjadi sangat efektif untuk bisnis bila Anda dapat memanfaatkan trending topic dengan baik. Melihat gerakan khalayak akan membuat Anda selangkah lebih maju.

 

Sumber

Tulisan: Compukol.com

Foto: Shutter Stock

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.