Portal Lengkap Dunia Marketing

Marketing

Membangun CRM Jadi Lebih Mudah

Coalition loyalty program yang bersifat multipartner sudah tak asing di berbagai negara. Berhasil di Jepang, Ponta pun merangsek ke pasar Indonesia.

Beberapa perusahaan kerap meyakini bahwa pembentukan pelanggan setia bermula dari keterikatan dengan produk maupun jasa yang ditawarkan. Sayangnya, sebagian besar tidak mengetahui secara pasti bagaimana menjabarkan keterikatan tersebut dan mengaplikasikan ke dalam strategi marketing, dan menyusun program loyalitas yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Tak heran jika banyak perusahaan berupaya membuat beragam program loyalitas pelanggan, mulai dari penawaran cash back maupun voucher.

ponta

Santoso Kurniadi, Direktur PT Global Loyalty Indonesia

Ya, program loyalitas sendiri mampu memberikan nilai lebih bagi kedua belah pihak, yakni perusahaan maupun pelanggan. Secara garis besar, tujuan utama program loyalitas tak hanya mempertahankan hubungan, tapi juga diharapkan mampu meningkatkan penjualan, margin, dan keuntungan. Nah, salah satu perusahaan yang memberikan solusi terkait program loyalitas adalah PT Global Loyalty Indonesia melalui Ponta, platform layanan loyalitas dengan reward point.

“Ponta memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hadiah dengan menghadirkan kartu Ponta di sebuah toko yang berpartisipasi dalam jaringan ritel, seperti minimarket, restoran, dan SPBU. Saat ini, sudah ada sekitar 13 ribu outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, Ponta juga memberikan benefit bagi para member, mulai dari pengumpulan hingga penukaran poin,” kata Santoso Kurniadi, Direktur PT Global Loyalty Indonesia.

Ponta sendiri masuk ke dalam kategori coalition loyalty program yang bersifat multipartner. Di beberapa negara, kartu member seperti Ponta memang sudah tak asing lagi, misalnya di Jepang. Ponta Indonesia saat ini bekerja sama dengan Alfamart, Alfamidi, DAN+DAN, Lawson, Alfaonline, Solaria, dan masih banyak lainnya.

Dia menambahkan, kelebihan lain yang ditawarkan Ponta adalah tidak adanya batasan periode tertentu, baik untuk pengumpulan maupun penukaran poin. Tak hanya itu, member pun bisa memanfaatkan poin yang terkumpul untuk membeli produk khusus di beberapa outlet yang tengah menggelar program promo. Menariknya, Ponta juga bisa berlaku seperti kartu diskon di beberapa tempat hiburan, antara lain Depok Fantasi Waterpark, The Jungle, Atlantis Waterpark, dan Gelanggang Samudera Ancol.ponta

Meski besaran poin yang didapat ditentukan oleh tiap-tiap perusahaan, member tak perlu khawatir. Poin yang terakumulasi akan menjadi satu sehingga poin dapat terkumpul dengan cepat. Poin kemudian bisa ditukar dengan berbagai macam produk maupun voucer belanja di semua partner Ponta.

Dari sisi perusahaan yang tergabung dalam Ponta, Santoso menjelaskan, bisa dikatakan ini adalah solusi bagi mereka yang ingin mencari perusahaan yang bergerak di bidang loyalty. Bekerja sama dengan Ponta menjadi salah satu alternatif dalam membuat program loyalty bagi konsumen mereka. Apalagi, jumlah member Ponta mencapai 10 juta.

“Melalui kartu member Ponta, perusahaan yang tergabung pun dapat memahami dan menganalisis karakteristik konsumen. Data tersebut terpusat di Ponta, dari jenis kelamin, usia, hingga produk maupun jasa yang paling sering digunakan oleh konsumen,” ujar Santoso.

Dengan kelengkapan data yang ada, maka setiap perusahaan dapat menyusun strategi promosi, kampanye, maupun marketing yang sesuai dengan karakteristik konsumen. Tak heran jika strategi pun dapat dibuat sistematis dan lebih tepat sasaran serta sesuai dengan kebutuhan konsumen. Ini menjadi alternatif bagi perusahaan yang ingin mengembangkan CRM (customer relationship management), dan berpotensi untuk meningkatkan penjualan, membangun citra—baik perusahaan maupun brand, agar lebih efektif lagi.

Fisamawati

MM092016/W

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top