Membangun Kepercayaan Pelanggan Online

 

Marketing.co.id- Customer trust atau kepercayaan pelanggan merupakan hal yang paling penting bagi Anda ketika membangun sebuah bisnis berbasis internet (bisnis online).

Tidak seperti berbelanja di toko ritel pada umumnya, bisnis online adalah sebuah lingkungan tanpa tatap muka. Kita tidak memiliki toko ritel dalam bentuk fisik, bagi pelanggan itu sangat  sulit untuk mengetahui apakah bisnis Anda itu legal atau hanya sebuah website yang dijalankan oleh seseorang penipu?

Situs yang Anda bangun adalah wajah dari perusahaan Anda. Inilah yang digunakan untuk membangun  kepercayaan pelanggan.

Berikut adalah 7 langkah untuk membantu Anda melakukannya:

Desain website professional

Salah satu bagian terpenting dari bisnis online adalah dilihat dari sisi desainnya. Tidak perlu sesuatu yang wah, tapi lihatlah desain website dari sudut pandang professional.

Kita bisa mencari referensi di internet tentang desain situs perusahaan dan lihat bagaimana tampilan situs mereka. Apakah kita terkesan dan ingin melakukan bisnis dengan perusahaan tersebut? Ini adalah perasaan yang sama yang perlu diberikan kepada pelanggan Anda.

Email branding perusahaan

Jika kita ingin melakukan bisnis dengan seseorang, di mana email adalah andalan Anda, sebaiknya gunakan email dengan nama domain (sales@yourcompany.com)  atau dari akun email gratis seperti Gmail? Tapi ingat, menggunakan akun email gratis menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda tidak serius dalam menjalankan bisnis.

Customer review site

Customer review site seperti BizRate adalah alat untuk membangun keyakinan pelanggan. Situs ini memungkinkan pelanggan untuk meninjau pelanggan sebelumnya yang telah melakukan transaksi di situs, apa yang mereka suka dan tidak suka dari perusahaan.

Profil perusahaan

Anda dapat membangun kepercayaan pelanggan dengan mengenalkan kepada orang-orang di belakang layar. Sertakan informasi umum seperti sejarah, alasan perusahaan didirikan dan profil karyawan jika anda memilikinya.

Anda juga dapat mengambil pendekatan pribadi dengan berbicara tentang diri Anda, alasan memulai sebuah bisnis, kelebihan perusahaan, dan terakhir sertakan foto diri.

Hubungi pelanggan

Ini memiliki hubungan yang sama dengan halaman Tentang Kami. Pelanggan dapat mengetahui ketika mereka membutuhkan bantuan. Akan lebih baik jika Anda memberikan alamat, nomor telepon, alamat email dan formulir kontak.

Testimonial

Testimonial di situs Anda merupakan indikator yang baik dari kepercayaan diri dan hampir sama dengan ulasan pelanggan. Akan lebih baik jika Anda menyertakan foto atau informasi seperti kontak pelanggan, nomor telepon, atau alamat situs.

Penghargaan dan keterlibatan komunitas

Ini akan menjadi lebih mudah bagi pelanggan untuk percaya kepada perusahaan yang merupakan bagian dari komunitas mereka. Ada banyak cara untuk terlibat. Anda dapat bergabung dengan kamar dagang lokal atau organisasi lokal lainnya. Jika Anda memenangkan penghargaan dari organisasasi tertentu, pastikan untuk menampilkan logo tersebut di situs Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.