Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Mengintip Serunya Kantor Idaman Milenial, Shopee

Keberadaan generasi langgas (milenial) dan industry start up  digital ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya lahir dan tumbuh di era yang hampir bersamaan. Generasi millennial merupakan generasi yang sangat melek terhadap teknologi dan hidup di dunia digital yang sangat kreatif, inovatif, dan dinamis. Milenial merupakan target sekaligus penggerak dari industri start up digital. Tak heran, selera dan karakteristik generasi ini menjadi faktor yang diperhatikan oleh pelaku industri.

shopee

Salah satu room di Shopee

Seperti halnya yang dijumpai di Kantor Shopee. Ecommerce asal Negara Singapura ini mencoba memfasilitasi generasi millennia yang menjadi bagian timnya. Hal ini bisa dilihat dari fasilitas menarik dan seru yang disediakan di kantor seluas 4000 meter persegi yang terletak di Science Park Drive, Ascent, Singapura. Beberapa diantaranya adalah : Ahli pijat in house, para karyawan dapat menikmati pijatan yang memulihkan kesegaran tubuh dua kali dalam sebulan, Layanan Makan Malam dengan berbagai pilihan menu yang tersedia di intranet, Sleeping pods, ruangan yang menyediakan kasur lengkap dengan bantal bagi karyawan yang membutuhkan istirahat sejenak.

Shopee

Kantor, dilengkapi ruang spa

Ditambah lagi sarana hiburan air hockey dan meja foosball bagi karyawan serta aneka rupa cemilan. Alicia Soon, HR Associate Shopee di Singapura mengungkapkan sebagian besar karyawan Shopee berusia 20 awal, bahkan diantaranya adalah mahasiswa magang.

“Banyak dari karyawan yang kerap bekerja hingga larut dan menghabiskan waktu yang cukup panjang di kantor. Untuk memastikan karyawan memiliki waktu istirahat yang cukup, Shopee menyediakan Sleeping Pods untuk beristirahat,” ujar Alicia.

Selain itu ada pula 21 ruang rapat. Ruang rapat yang berukuran lebih besar dinamakan berdasarkan pasar-pasar tempat Shopee berada serta ruang rapat berukuran kecil yang dinamakan berdasarkan destinasi ikonik di Singapura, seperti Botanic Gardens, Marina Bay, dsb.

Shopee

Napping room, boleh tidur di kantor.

Alicia menambahkan secara arsitektur, konsep Kantor Shopee adalah ramah lingkungan. Gedung yang ditempati oleh Shopee telah meraih BCA (Building & Construction Authority) Green Mark Platinum Award, yaitu sertifikasi tertinggi untuk gedung yang hemat energi dan berkelanjutan. Kantor ini juga menggunakan cat VOC yang tidak beracun. Elemen lainnya yang turut membantu Shopee untuk menjaga lingkungan adalah: pemasangan lampu LED hemat energi, penggunaan motion sensors di area kantor serta pemasangan AC hemat energi Fasilitas untuk Karyawan Shopee.

“Kami juga menyediakan program pelatihan dan pengembangan Karyawan, yang berlaku untuk seluruh karyawan di berbagai level, untuk mendukung perkembangan karir mereka. Ada juga Interest clubs, seperti klub bola, klub bowling, dan klub orang tua (parents club) sesuai minat mereka masing-masing untuk mendukung terciptanya komunitas karyawan Shopee yang lebih erat,” papar Alicia.

shopee

Ruang snack pun tersedia, cocok untuk yang doyan ngemil.

Karena sebagian besar karyawan Shopee jauh dari rumah, Alicia memiliki apresiasi khusus bagi keluarga karyawannya yakni Hadiah Keluarga Karyawan. Karyawan Shopee dapat mengirimkan hadiah khusus bagi salah satu anggota keluarga, di waktu khusus tertentu yang sesuai dengan pilihan mereka, yang dapat dikirimkan kemanapun anggota keluarga mereka berada.

Angelina M. Ladjar

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top