Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Era Baru Digital Commerce

Teknologi telah mengubah wajah ritel, menggeser kekuatan dari merek ke konsumen yang kini memiliki  lebih banyak informasi dan pilihan. Hal ini telah membuat pasar terguncang, yang memungkinkan pesaing yang lebih bertekad untuk muncul sebagai pemimpin baru.

Pada 2020, digital commerce di Asean diperkirakan akan tumbuh mencapai US$32 miliar. Apa yang mendorong ekspansi eksponensial ini? Demografi memainkan peran kunci dalam mendorong pertumbuhan ini. Sekitar 50% populasi Asean berusia di bawah 30 tahun, dan memasuki masa belanja perdana mereka. Penggunaan internet serta perangkat mobile yang tinggi dan terus tumbuh tanpa henti, dengan 800 juta koneksi mobile dan 480 juta pengguna internet. Kesejahteraan meningkat, didukung pertumbuhan GDP yang melebihi 5% akan menghasilkan 70 juta rumah tangga menjadi konsumen baru.

Pemerintah di seluruh Asean diproyeksikan menginvestasikan US$200 miliar antara 2015-2020 untuk infrastruktur digital, dan menekan sektor swasta untuk meningkatkan bisnisnya. Antara 2014-2016, perusahaan-perusahaan di Asean menginvestasikan US$3 miliar dalam digital commerce, jumlah ini diperkirakan meningkat lebih dari 3 kali lipat menjadi US$10 miliar untuk 4 tahun ke depan.

Konsumen Asia yang berubah

Kekuatan pendorong dibalik semua perubahan ini adalah konsumen. Seiring kehidupan di wilayah Asia yang semakin sibuk, konsumen ingin menyingkirkan aktivitas yang memakan waktu dan lebih memilih terlibat dengan kegiatan yang paling mereka hargai/penting, misalnya menghabiskan waktu bersama keluarga.

Dengan teknologi terbaik yang berada di tangan mereka, konsumen mengharapkan pengalaman pelanggan yang lancar baik secara online maupun offline. Hampir 1 dari 4 pembelian online sekarang dilakukan di smartphone, dan pada 2020, 65% dari semua transaksi akan dilakukan secara online.

Jatuhnya penjualan brick-and-mortar juga merupakan bukti bagaimana savvy shopper beralih ke perangkat pintar. Konsumen mencari informasi dan membuat keputusan membeli dengan membaca ulasan dari banyak sumber serta membandingkan harga dari dari seluruh aplikasi atau situs web untuk menemukan penawaran terbaik.

Bentuk ecommerce ini diharapkan dapat berubah pada 2020, seiring berkembangnya teknologi untuk mempersiapkan kita menghadapi tahap berikutnya, dimana konsumen bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan bahkan sebelum mereka menginginkannya.

Pada saat itu perkawinan Internet of Things dan artificial intelligence akhirnya akan membuat rumah lebih cerdas. Smart refrigerator akan mengotomatisasi seluruh proses belanja saat mereka mengantisipasi dan memberi peringatan ketika stok makanan menipis. Voice assisted akan menyajikan informasi secara prediktif dan membantu menyelesaikan pembelian melalui metode pembayaran tanpa batas.

Era baru digital commerce

Menampilkan produk di platform online dan menghabiskan uang untuk kegiatan pemasaran tidaklah cukup untuk menarik konsumen Asia yang sedang berkembang. Modus ini berdasarkan paradigma ecommerce yang saat ini tertinggal dari apa yang konsumen inginkan. Perusahaan terkemuka telah bergeser jauh dari metode tradisional ke penjualan online dalam 18 bulan terakhir karena menawarkan aktivitas tanpa terbatas, pengalaman pelanggan dan data.

Banyak yang telah memilih digital commerce sebagai cara yang lebih holistik dalam melakukan bisnis online. Digital commerce memungkinkan mereka menghasilkan permintaan, mengendalikan rantai pasokan, meningkatkan pengalaman pelanggan dan menyediakan data yang cukup untuk menganalisis bagaimana mengarahkan upaya pemasaran agar lebih efektif dan terpadu.

Untuk mengejar ketertinggalan dengan kebutuhan konsumen saat ini dan yang akan datang, perusahaan perlu membangun pedoman digital commerce, serta mengevaluasi strategi online dan teknologinya. Hal ini dapat dicapai melalui teknologi enabler seperti analisis data, sistem pengelolaan konten dan produk web, pembayaran, manajemen pesanan serta perencanaan logistik untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik di kelasnya. (Marketing-Interactivecom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top