Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Sejahterakan Petani, Modalku dan TaniHub Berkolaborasi

Modalku dan TaniHub mengumumkan kerja sama mereka untuk mendukung sektor pertanian Indonesia. Lewat kemitraan ini, keduanya akan bekerja sama menyalurkan solusi cash flow agar petani Indonesia dapat mengembangkan usaha mereka lebih lanjut.

Seiring dengan pengumuman ini, Modalku juga meluncurkan produk supply chain financing (SCF), yakni solusi arus kas yang dapat membantu UMKM untuk membayar tagihan supplier.

Iwan Kurniawan, Co-Founder dan COO Modalku mengatakan, Indonesia secara historis dikenal kuat di bidang pertanian. Menurut Data Kementerian Pertanian, kontribusi sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan bagi Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di tahun 2016 adalah 13,45%.

Badan Pusat Statistik (BPS) juga menyatakan bahwa di bulan Februari 2017, sektor pertanian paling banyak menyerap tenaga kerja nasional, yaitu sekitar 39,68 juta penduduk Indonesia atau 31,86% dari populasi produktif.

Pemerintah Indonesia juga amat mendukung sektor pertanian. OJK contohnya telah meluncurkan Program AKSI Pangan untuk mempercepat inklusi keuangan bagi petani serta mewujudkan kedaulatan pangan negara.

“Solusi lewat aplikasi digital akan lebih menguntungkan petani. Mereka tak perlu lagi bergantung pada tengkulak untuk memasarkan produk. Secara makro, pemberdayaan petani juga akan menguatkan ekonomi nasional. Sektor pertanian yang semakin kuat akan mendukung ekonomi negara,” tambah Iwan Kurniawan.

Dr. Hendrikus Passagi, Direktur Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan Fintech OJK, menyambut kerja sama ini karena sejalan dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusi (SNKI) yang antara lain difokuskan pada kelompok petani, nelayan, pengrajin, dan UMKM.

“Kerja sama ini akan semakin melengkapi ekosistem ekonomi digital di Indonesia yang berpotensi menjadi model pendanaan inklusif di tingkat global, dengan berbasis pada semangat gotong royong dan Pancasila,” ujarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top