Portal Lengkap Dunia Marketing

Artikel Riset

MPV Makin Seru, SUV Makin Diminati

Penjualan mobil baru di tahun 2007 ini tampaknya belum bisa mengejar prestasi yang diraih pada tahun 2005. Tahun itu penjualan mobil mencapai puncaknya dengan mencatat rekor 533.922 unit. Kendati demikian, penjualan tahun ini diprediksi bisa melampaui angka di tahun 2006. Sebab, sampai bulan Juli 2007, penjualannya telah mencapai 235.722 unit. Sementara penjualan sepanjang tahun 2006 tercatat 318.904 unit.

Jika dilihat menurut tipe yang ada, selama ini jenis MPV adalah mobil yang paling laris di pasar nasional. Pangsa pasarnya bisa mencapai 50% dari total mobil baru yang terjual. Tipe MPV memiliki kapasitas yang bisa memuat banyak orang, sehingga jatuhnya lebih ekonomis. Mobil seperti ini yang paling disukai karena sesuai dengan karakter konsumen Indonesia yang lebih suka bepergian bareng-bareng. Maka dari itu, hampir semua ATPM dan produsen mobil menggarap segmen ini.

Lantaran pasarnya gemuk, persaingan di segmen ini sangat seru. Terdapat sekitar 17 merek dengan berbagai tipe berebut pasar MPV. Namun harus diakui hanya beberapa merek yang dominan. Di segmen ini, domiansi Toyota Astra Motor dengan dua andalannya, Kijang Innova dan Avanza, masih sulit dibendung oleh merek  manapun. Selama bertahun-tahun, andalan Toyota ini terus menjadi mobil terlaris di Tanah Air.

Berdasarkan data penjualan mobil, tercatat Toyota Avanza bertengger di posisi teratas untuk MPV kapasitas 5 seats (Low MPV). Sepanjang Januari-Juli 2007, penjualan Toyota Avanza mencapai  37.582 unit, atau meraih 42% dari total pasar Low MPV yang sebesar 88.423 unit. Posisi kedua diraih oleh andalan Daihatsu, yakni Xenia, dengan penjualan mencapai 17.283 unit. Angka ini meningkat 82,7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2006. Honda Jazz yang berada di urutan ketiga justru menurun penjualannya hingga 20% dari 10 ribu unit menjadi hanya 8 ribu unit.

Kedigdayaan Kijang memang belum terkalahkan sepanjang sejarah. Kijang, yang sekarang menjadi Kijang Innova merajai di kelasnya. Di segmen MPV kelas 7 seats, andalan Toyota Astra Motor ini meraih 75% pangsa pasar di mana penjualannya sepanjang 2007 ini mencapai 21.409 unit. Dulu, Isuzu Panther sebagai kompetitor utama Kijang, namun kini penjualannya jauh tertinggal dengan hanya meraih 3.742 unit. Kendati posisinya di urutan kedua, prestasi lumayan diraih oleh Grand Livina sebagai new comer. Andalan Nissan Motor ini ternyata cukup diminati oleh konsumen. Bahkan, kabarnya banyak konsumen yang terpaksa inden untuk mendapatkan Grand Livina.

Belakangan ini, mobil tipe SUV juga cukup banyak diminati konsumen. Apalagi setelah keluarnya Toyota Rush dan Daihatsu Terios dengan harga kurang dari Rp 200 juta. Ini terlihat dari total penjualan SUV yang  meningkat tajam sejak adanya Rush dan Terios. Sepanjang Januari-Juli 2007, penjualan SUV tercatat sebanyak 35.396 unit, atau meningkat 368% dibandingkan periode sama tahun lalu.

Di segmen ini, kolaborasi antara Toyota dengan Daihatsu yang melahirkan Rush dan Terios telah berhasil merebut hati konsumen. Terios berhasil mencatat penjualan sebanyak 9.188 unit selama Januari-Juli 2007, sementara penjualan Rush mencapai 7.774 unit.

Prestasi yang sangat bagus juga diraih oleh Honda CRV. Kinerjanya yang sempat melambat di tahun 2006, kini kembali menunjukkan kejayaannya. Dipastikan penjualan Honda CRV tahun 2007 ini akan lebih baik daripada tahun lalu. Sebab, baru sampai bulan Juli ini, penjualan mobil andalan Honda ini (7.595 unit) telah melampui total penjualan sepanjang tahun 2006 (3.238 unit). Sebaliknya, penjualan Toyota Fortuner di tahun ini tampak kurang bersinar. Penjualannya mengalami penurunan, dari 2.368 unit pada periode Januari-Juli tahun lalu menjadi 1.142 unit.

Selain mampu bersaing di segmen SUV, Honda terlihat unggul di segmen Sedan. Di segmen ini, Honda bersaing dengan dua produk andalannya, yakni Honda New City dan Honda Civic. Honda New City berhasil menjadi pemimpin pasar di kelas sedan mini dan jauh meninggalkan lawan-lawannya, termasuk Toyota Vios. Di kelas ini, Honda New City berhasil terjual sebanyak 3.682 unit. Sementara Toyota Vios yang menduduki peringkat dua meraih penjualan 2.688 unit.

Di kelas sedan menengah yang lower, Honda Civic memimpin pasar dengan penjualan mencapai 2.215 unit. Sedang Toyota Altis yang menempati posisi kedua hanya mencatat 634 unit. Sebaliknya, di kelas sedan menengah yang upper, Toyota Camry berhasil unggul dengan penjualan 1.081 unit. Sementara penjualan Honda Accord kelihatannya kurang bagus, bahkan mengalami penurunan lumayan tajam dibandingkan tahun 2006.

Bagaimana dengan segmen sedan kelas atas. Kali ini BMW harus mengakui kepemimpinan Mercedes-Benz. Selama Januari-Juli 2007, total penjualan Mercedes-Benz seri E Class dan S Class tercatat sebanyak 400-an unit. Sedang total penjualan BMW di kelas ini hanya mencapai sekitar 150-an unit. (Anang Ghozali)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top