Portal Lengkap Dunia Marketing

Salesmanship

Mulai Berbisnis dan Menjual untuk 2017

Sekali lagi kita berada di awal tahun yang baru, dengan harapan baru, aspirasi baru, dan tantangan baru. Apa yang harus kita lakukan agar tidak mengulangi kesalahan-kesalahan di tahun lalu? Bagaimana supaya tahun 2017 menjadi tahun yang fantastis bagi Anda dan tim?

berbisnis dan menjual

Saya sudah bermain dan menikmati sepakbola sejak usia 14 tahun. Saya telah mendapatkan banyak kesenangan dari olahraga tersebut, dan juga belajar banyak tentang manajemen dan pemahaman permainannya. Ada banyak kesamaan pararel antara sepakbola dan bisnis. Mari kita bahas pada artikel kali ini.

Season Baru, Permainan Baru, Memulai Baru

Permulaan tahun menandakan mulainya permainan yang baru. Lupakanlah segala kesuksesan dan kegagalan di tahun sebelumnya. Lupakan kejayaan dan kesalahan dalam permainan tiga hari lalu. Ini adalah babak yang baru. Fokuslah untuk menjadi terbaik pada permainan yang sekarang.

Strategi Baru

Untuk memenangkan tahun ini, permainan ini, maka seorang manajer harus memikirkan:

Apa yang sudah Anda lakukan dengan baik? Belajarlah dari kesuksesan tahun sebelumnya, dan permainan sebelumnya. Apa saja strategi yang berhasil, langkah yang bagus, positioning yang bagus, faktor-faktor yang bagus, sesi pelatihan yang bagus, pemain yang bagus, sikap yang bagus, serta aktivitas yang memberikan motivasi dan bagus, sehingga Anda bisa menang tahun lalu atau permainan sebelumnya?

Bagaimana Anda bisa mengulangi semua aktivitas tersebut untuk mengulangi kesuksesan tahun lalu di tahun ini untuk melanjutkan kemenangan? Jika Anda tidak tahu apa saja yang dilakukan dengan baik dan menyebabkan Anda bisa sukses, bagaimana Anda bisa mengulanginya untuk mencetak sukses lagi di tahun ini?

Apa saja yang Anda lakukan dengan salah? Belajarlah dari kesalahan-kesalahan tahun lalu, dan kesalahan pada permainan lalu. Apa saja strategi yang salah, langkah yang salah, positioning yang salah, komponen-komponen yang tidak efektif, sesi pelatihan yang tidak bagus, pemain yang tidak dalam performa prima, sikap yang buruk, serta aktivitas yang menyebabkan merosotnya motivasi yang membuat Anda mengalami kekalahan? Apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki semua kesalahan tersebut agar Anda bisa berkembang tahun ini?

Jika Anda tidak tahu apa saja penyebab kegagalan tahun lalu, bagaimana Anda bisa mengubahnya untuk memperbaiki hasil atau performa pada tahun ini?

Strategi Baru

Saya sangat jarang melihat seorang manajer tim sepakbola hanya bertahan pada tim yang sama, pemain yang sama, formasi yang sama, dan strategi yang sama dari satu musim ke musim berikutnya. Si manajer selalu mengubah pemain-pemainnya. Ia membeli pemain baru dan menjual pemain lama atau pemain lainnya.

Jadi, apakah Anda mempertahankan persis tim yang sama? Anda bisa jadi berada dalam masalah! Coba lihat Leicester City. Mereka menjadi juara yang sangat hebat dalam English Premier League tahun 2015–2016. Manajer mereka, Claudio Ranieri memutuskan untuk mempertahankan hampir seluruh tim dengan perubahan yang minimal.

Apakah Anda tahu di mana mereka sekarang? Mereka sedang berada di posisi tengah, posisi ke-15 dalam liga! Sementara ada 20 tim dalam English Premier League. Juara tahun lalu kini hanya berhasil meraih posisi lima besar dari bawah! Mengapa? Karena manajernya tidak membuat perubahan atau perkembangan apa pun pada tim.

Bahkan tim yang juara pun, jika tidak melakukan perubahan atau perkembangan, bisa kalah. Apakah tim Anda mencapai targetnya di tahun 2016? Berhasil? Selamat! Anda tetap perlu melakukan perubahan/perkembangan/memperkuat/memperbarui tim Anda!

Apakah tim Anda berhasil mencapai targetnya di tahun 2016 lalu? Tidak? Apakah Anda perlu mengubah/mengembangkan/memperkuat/memperbarui tim Anda? Apakah Anda masih mempertanyakan hal tersebut dan mengharapkan hasil yang lebih baik pada tahun ini? Tentu sangat tidak masuk akal!

Siapa anggota tim yang harus dipertahankan? Siapa orang-orang dalam tim penjual yang sudah pasti harus dipertahankan? Apakah Anda memberikan insentif lebih supaya mereka loyal dan tetap berada dalam tim? Ingatlah bahwa personil yang bagus akan selalu diburu dan diincar oleh tim lain. Tim lain akan selalu menggoda pemain terbaik Anda dengan tawaran-tawaran yang lebih menarik. Jadi, insentif tambahan apa saja yang sudah ditawarkan bagi mereka supaya mau tetap loyal dalam tim Anda?

Pada artikel berikutnya kita akan membahas lanjutan strategi yang harus diterapkan agar berhasil memulai dengan baik pada permulaan tahun ini.

James Gwee
Pembicara Seminar dan Pelatihan dari Singapura
www.jamesgwee.com

MM.03.2017/W

“Bahkan tim yang juara pun, jika tidak melakukan perubahan atau perkembangan, bisa kalah.” 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top