Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Nokia Comeback dengan Nokia Android

Nokia pernah merajai pasar ponsel di Indonesia beberapa tahun lalu. Namun Nokia terdesak ketika BlackBerry merangsek pasar ponsel Indonesia. Merek ini seperti tenggelam setelah sistem operasi Android merajai pasar smartphone. Sistem operasi Android disukai banyak pengguna karena mudah digunakan (user friendly). Di sisi lain, Nokia masih setiap dengan sistem operasi Symbian.

Nokia android

Keterangan foto:
(kiri ke kanan): Andre Tan Direktur Erajaya Group, Affancik Hamim Organized Trade Lead Nokia, Djatmiko Wardoyo, Marketing and Communications Director Erajaya Group, dan JW Kim COO Erajaya Retail Group saat peluncuran Nokia 5 dan Nokia, di Jakarta, Kamis (28/9).

Nokia rupanya menyadari, bahwa sulit  untuk mengembalikan kejayaannya jika tidak mau mengikuti selera konsumen. Nokia pun akhirnya merilis smartphone berbasis Android. Sebelumnya Nokia sudah merilis Nokia 3 yang menggunakan sistem operasi Android murni. Setelah Nokia 3, Nokia akan meluncurkan Nokia 5 dan 6 yang juga berbasis Android murni.

Nokia bekerja sama dengan Erajaya Group untuk mendistribusikan ketiga seri Nokia Android. Sebagaimana disampaikan Djatmiko Wardoyo, Marketing and Communications Director Erajaya Group, Nokia dan Erajaya memiliki sejarah panjang dalam bekerja sama.

Djatmiko mengatakan, Erajaya adalah salah satu distributor Nokia pertama di Indonesia. “Selama ini kami tetap berkerja sama, kami tetap mendistrubusikan Nokia kategori feature phone di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Wardoyo optimistis Nokia Android bakal diterima konsumen Indonesia, mengingat merek ini memiliki legacy yang kuat di pasar ponsel Indonesia . “Semua orang hampir mengenal dan pernah menggunakan ponsel Nokia,” tuturnya.

Sementara itu, Affancik Hamim, Organized Trade Lead Nokia mengatakan, Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6 menyasar segmen yang luas, mulai dari mid-low sampai high end. “Di Indonesia smartphone yang laris penjualannya dikisaran Rp2 juta – 3,5 juta, ketiga seri Nokia terbaru dijual dikisaran harga tersebut,” tandas Affancik. Affancik menegaskan Nokia Android seri 5 dan 6 harganya tidak akan melebihi Rp3,5 juta per unit.

Erafone, jaringan ritel milik Erajaya dipastikan akan menjual Nokia 3 pada awal Oktober mendatang. Sementara dua seri berikutnya Nokia 5 dan Nokia 6 akan menyusul kemudian.

 

Tony Burhanudin

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top