Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Optimalkan Bisnis Online Anda dengan Web Analytics

Para pemilik situs bisnis online pastinya ingin mengetahui seberapa efektif situs mereka. Apakah misalnya pengunjung situs bisnis mereka meluangkan banyak waktu melihat-melihat di situs mereka atau sekadar mampir sejenak. Lebih lagi, para pemilik bisnis online jelas ingin mengetahui seberapa efektif kampanye pemasaran mereka dalam mendukung konversi. Oleh karenanya, layanan Web Analytics yang dapat menginformasikan kepada mereka informasi-informasi vital tersebut menjadi penting dalam mendukung kelangsungan bisnis online mereka.

Salah satu layanan web analytics yang populer dan gratis adalah Google Analytics. Bagi Anda pemilik situs bisnis online yang ingin mengetahui keefektifan situs web Anda dengan layanan Google Analytics atau web analytics lainnya, berikut tiga hal yang perlu diperhatikan:

  1. Tetapkan target yang jelas dan pantau dengan baik

Salah satu hal terpenting yang harus dipantau adalah konversi, yaitu ketika pengunjung situs Anda melakukan sesuatu hal yang Anda targetkan. Hal itu bisa saja membeli produk, mengunduh, atau mendaftar—tergantung dari target bisnis Anda.

Selain konversi, penting juga memantau mikro-konversi yang dapat menghantarkan pengunjung ke konversi. Mikro-konversi bisa saja aktivitas seperti mengunjungi laman “Hubungi Kami”, menghabiskan lebih dari 10 menit di situs Anda, melihat sejumlah video tertentu, atau mendaftar ke buletin e-mail.

1. Pantau metrik rasio pentalan

Memahami konversi dan mikro-konversi memang penting, tetapi tidak kalah penting adalah memahami mengapa orang tidak melakukan konversi. Metrik yang disebut ‘rasio pentalan’ (bounce rates) dapat membantu Anda memahami hal itu. Rasio pentalan mencatat pengunjung yang hanya mengakses satu laman di situs Anda kemudian keluar dengan cepat. Rasio pentalan yang tinggi berarti pengunjung tidak menemukan apa yang mereka cari/butuhkan. Oleh karenanya, penting untuk menampilkan dengan jelas informasi yang dibutuhkan dan relevan bagi pengunjung situs bisnis Anda seperi detail produk, informasi kontak, alamat toko Anda, dsb.

Pemilik Fitinline, yang menawarkan jasa bisnis jahit online, Istofani Api Diany memanfaatkan informasi tentang rasio pentalan guna memodifikasi situs bisnisnya agar lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Rasio pentalan juga dapat menunjukkan seberapa efektif kampanye pemasaran Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan kampanye pemasaran via e-mail tetapi mengalami rasio pentalan yang tinggi berarti Anda mungkin mengarahkan pengunjung ke laman yang tidak pas di situs Anda. Singkatnya, metrik rasio pentalan adalah metrik yang dapat membantu Anda mengoptimalkan aktivitas pemasaran Anda.

Web analytics

Web analytics dapat menganalisa data kunjungan (traffic), kinerja mesin pencari, promosi e-mail, dan sebagainya.

2. Manfaatkan informasi berbasis data

Para pemilik situs web sering kali melakukan banyak hal dan mengeluarkan banyak uang untuk menarik pengunjung ke situs mereka. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui usaha mana yang efektif dan mana yang tidak. Dengan menggunakan laporan Traffic Sources, pemilik situs web dapat mengetahui bagaimana dan dari mana pengunjung masuk ke situs mereka—entah  dari penelusuran, media sosial, atau melalui kampanye pemasaran. Anda dapat mengetahui misalnya kampanye pemasaran mana yang lebih efektif sehingga dapat memfokuskan kampanye Anda selanjutnya melalui jalur atau channel yang paling efektif.

Uteng Iskandar, Digital Marketing dan Partnership di Tirto.id, mengatakan bahwa Google Analytics “memberikan data insight yang luas dan membantu dalam mengambil keputusan, seperti untuk mengoptimalkan kualitas trafik pengunjung, menentukan konten sampai distribusi bujet.”

Meski topik web analytics terdengar rumit dan memusingkan, sejatinya hanya dengan memahami beberapa laporan dan metrik saja Anda kemudian dapat mengetahui kinerja situs Anda. Pemahaman ini tentunya menjadi relevan dan penting dalam merancang strategi pemasaran Anda selanjutnya. Terlepas apa bisnis Anda dan seperti apa online presence Anda, entah itu situs atau aplikasi, informasi berbasis data semakin berperan penting dalam menopang kesuksesan bisnis online Anda.

Jason Tedjasukmana | Head of Corporate Communications at Google Indonesia

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top