Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Panduan Praktis Menjaga Resolusi Tahun Baru

Marketing.co.id – Membuat suatu perubahan tidaklah mudah, karena kita harus mengubah kebiasaan-kebiasaan yang sudah dilakukan selama bertahun- tahun.

Meskipun banyak orang yang memulai tahun baru dengan daftar resolusi yang optimis, namun hanya 8% orang saja yang berhasil mewujudkannya, seperti yang dilaporkan oleh Universitas Scranton.

Memang sulit, tapi Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan dengan mengubah cara Anda dalam membuat resolusi. Berikut panduan praktis menjaga resolusi tahun baru

Panduan Praktis Menjaga Resolusi Tahun Baru Buat resolusi yang sederhana, spesifik dan mudah terlaksana

Tidak ada yang lebih buruk daripada resolusi yang tidak jelas. Anda ingin mengurangi berat badan atau berhenti merokok merupakan awal yang baik, tetapi Anda perlu tujuan yang spesifik jika ingin melihat hasil yang sebenarnya.

Alih- alih mengatakan Anda ingin menurunkan 10 kg dalam waktu 6 bulan, akan lebih mudah untuk mengatakan Anda akan berhenti makan makanan cepat saji selama 2 bulan, atau Anda memulai latihan kardio di pusat kebugaran dua kali seminggu. Semakin spesifik resolusi Anda, semakin mudah untuk dilaksanakan.

Atur ekspektasi Anda

Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri jika tidak berhasil. Jangan juga jadikan hal tersebut menjadi kebiasaan. Jika mudah, semua orang pasti akan melakukannya. Lakukanlah dengan pola pikir yang benar.

Jika berharap tidak gagal, Anda akan mudah untuk berkecil hati. Kebanyakan perokok membuat beberapa upaya untuk berhenti sebelum mereka benar- benar berhasil dan bahkan sampai sekarang berhenti merokok merupakan tantangan seumur hidup. Mengubah kebiasaan dibutuhkan usaha yang gigih dan tekad kuat. Ini tidak terjadi dalam semalam saja.

Pantau kemajuan Anda

Hasil adalah kunci dari motivasi untuk tetap berusaha. Jika berat badan turun 2 kg setelah sebulan latihan kardio mingguan di pusat kebugaran dan tidak mengonsumsi makanan cepat saji, akan lebih mudah bagi Anda menjaga usaha Anda.

Di sisi lain, jika melihat hasil yang negatif (contohnya berat badan naik, lebih sering merokok), hal tersebut menandakan bahwa rencana Anda tidak berjalan dengan baik dan Anda perlu mencoba dengan pendekatan yang berbeda. Apapun kasusnya, tanpa adanya tolok ukur yang jelas, Anda tidak tahu apakah Anda membuat kemajuan atau melenceng dari tujuan Anda.

Bersabar

Apakah itu menurunkan berat badan, berhenti merokok, atau meningkatkan keadaan keuangan, ingatlah bahwa dibutuhkan waktu untuk melakukan perubahan. Tidak ada perbaikan yang cepat, seperti tawaran para penjual yang mencoba menjual suplemen penghilang lemak instan, produk kebugaran bebas rasa sakit, dan menjadi jutawan dalam waktu semalam. Berusahalah untuk membuat perubahan gaya hidup yang bisa bertahan lama selangkah demi selangkah. Bersabarlah dengan diri Anda sendiri.

Jauhi faktor-faktor pemicu

Jika ingin menghindari makanan cepat saji, jangan pergi berbelanja ketika lapar. Saat itulah kondisi paling rentan dan pertahanan Anda berada pada titik terlemah. Hilangkanlah godaan tersebut dengan merencanakan belanja kebutuhan sehari- hari lebih awal.

Demikian juga, jika Anda tahu bahwa begadang akan membuat malas untuk pergi ke pusat kebugaran di hari berikutnya, Anda harus beristirahat dengan baik pada malam hari. Jauhilah faktor- faktor pemicu tersebut dan usahkan menghindarinya.

Minta bantuan seseorang yang bisa diandalkan

Beritahukan kepada seseorang yang Anda percaya bisa membantu Anda tetap pada tujuan, entah itu teman, rekan, atau kolega.

Mereka yang Anda mintai bantuan harus cukup tegas untuk mengingatkan Anda ketika mulai kehilangan fokus, namun juga menyemangati ketika membuat kemajuan. Dengan begitu, Anda akan berpikir dua kali untuk diam-diam merokok jika tahu Anda akan diomeli nantinya. 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top