Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Pangkas Kesenjangan Pendidikan Lewat Quipper

Wilayah kepulauan dari Sabang sampai Merauke diselimuti bentangan laut menjadi keunggulan Indonesia sebagai Negara Arcipelago. Di sisi lain, hal ini jutsru menjadi kendala dalam beberapa hal. Salah satunya adalah pemerataan pendidikan. Jarak dan infrastruktur kerap kali menjadi tantangan dalam hal akses pendidikan. Fakta yang ditemui di lapangan sangat kontras. Murid di pusat kota bisa dengan mudah mengakses ilmu & informasi dari berbagai media. Sementara murid-murid di daerah terpencil masih saja kesulitan soal buku dan materi belajar yang terbatas.

quipper

Beruntung  penetrasi internet yang sangat baik di tanah air memperkecil kesenjangan ini.  Salah satunya adalah melalui Quipper School. Quipper merupakan platform berbasis online yang menyediakan konten materi pendidikan bagi siswa (Learn) dan guru (Link). Materinya berupa soal-soal latihan yang jumlahnya mencapai 880 topik pembelajaran dari 4.000 soal latihan. Untuk Learn, sebagian besar soal-soal tersebut dispesifikan kepada siswa kelas 3 SMA sebagai bentuk persiapan menghadapai Ujian nasional (UN).

aplikasi quipper

PR & Marketing Manager Quipper Indonesia, Tri Nuraini

PR & Marketing Manager Quipper Indonesia, Tri Nuraini mengungkapkan konten menjadi hal utama sekalihus diferensiasi dari Quipper. Ia menambahkan bahwa Quipper juga telah membantu persiapan UN Berbasis Komputer siswa dengan memberikan online tryout gratis hingga ke 70.000 pelajar di Indonesia. Quipper juga telah membantu proses belajar lebih dari 2,5 juta pelajar

“Kami sangat menjaga kualitas, baik itu konten, tutor maupun teknologi yg kita gunakan. Karena ketiga hal tersebut sangat dibutuhkan oleh guru dan pelajar” ujar perempuan yang karib disapa Inu ini.

aplikasi quipper

Secara lebih luas, Inu mengharapkan keberadaan Quipper dapat berefek positif bagi siswa dan dunia pendidikan Indonesia. Melalui Quipper ia berharap akses lebih terbuka sehingga siswa lebih aktif dalam mencari ilmu melalui literasi digital. Selain itu, juga sesuai dengan tujuan utama Quipper yakni pemerataan akses pendidikan dan peningkatan kualitas pendidikan bagis eluruh murid di Indonesia.

Angelina Merlyana Ladjar

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top