Dunia UKM

Peluang Usaha, Modalnya Cukup Koneksi Internet!

Pasar e-commerce di Indonesia tumbuh sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Pasar e-commerce menjadi sangat potensial karena pertumbuhan jumlah pengguna internet sepanjang 2016 mencapai 132,7 juta orang. Adapun total penduduk Indonesia saat ini tercatat sebanyak 256,2 juta orang.

Survei Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) yang dilakukan sepanjang 2016, mengindikasikan kenaikan 51,8% dibandingkan jumlah pengguna internet pada 2014 lalu. Survei APJII pada 2014, mencatat hanya ada 88 juta pengguna internet.

bisnis online peluang usahaCo-Founder Mise.id Harry Karundeng mengakui, potensi industri e-commerce saat ini memang sangat besar, tapi konsep yang ada mulai jenuh. Belum terlihat ada teknologi dan platform dengan concept yang seperti Mise.id tawarkan, yaitu mengintegrasikan dalam satu platform marketplace, affiliate, social media dan MLM (multi level marketing) ditambah dengan opsi penjualan tunai dan non tunai.

Harry memang tidak asal ngomong. Dijelaskannya, baru 2 bulan berjalan tanpa digital marketing, SEO dan GDN, Mise.id sampai saat ini sudah memiliki 7000 registered user, lebih dari 5000 toko, dan lebih dari 90 ribu pengunjung dengan total transaksi mencapai 3 miliar rupiah perbulan dari 600 SKU.

“Kami menggabungkan traditional dan konvensional selling serta digital selling concept yang memanfaatkan e-commerce dan media sosial. Potensi kami untuk menguasai pasar sangat besar,” ujar Harry kepada awak media saat peluncuran website Mise.id, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Harry, tak ada batasan segmen pasar yang dibidiknya. Siapapun yang butuh usaha dan butuh produk adalah segmen pasarnya. Produk yang dijual adalah consumer product, produk yang sangat dibutuhkan masarakat sehari hari seperti electronic, gadget, computer, furniture dan lain lain.

Positioning Mise.id, lanjut Harry, adalah gabungan dari marketplace dengan konsep B2B, B2C dan social media dengan dilengkapi affiliate (agen) dan MLM konsep. “Target yang ingin dicapai adalah menjadikan 1 juta pengusaha toko online dengan skala nasional,” ucap Harry.

Mise.id akan terus melakukan pengembangan dan inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan strategi usaha, menambah produk baru, serta memberikan peluang usaha kepada masyarakat untuk dapat memiliki toko online sendiri dan secara simultant memberikan kesempatan kepada mayarakat untuk mendapatkan produk-produk impian dari orang orang dekat atau orang orang yang dipercayai.

Lebih penting lagi, Mise.id menawarkan opsi pembelian secara tunai dan kredit dengan bunga yang kompetitif, serta kemudahan pencairan komisi. Mise.id juga memberikan fasilitas kepada agennya untuk dapat melakukan marketing strategy sendiri terhadap tokonya atau produk yang dijual dengan menggunakan system voucher.

Harry menargetkan 500 ribu register baru (setengahnya memiliki toko) dan menambah 30 ribu SKU produk baru hingga akhir tahun 2017. Untuk mencapai targetnya tersebut, Harry akan gencar promosi baik online maupun offline. “Target kami bisa mencapai transaksi 200 miliar rupiah di 2017,” kata Harry optimis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top