Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Xiaomi Buktikan Ketahanan Bisnis Modelnya Selama 7 Tahun Terakhir

Pada rapat bersama seluruh karyawan dan pemangku kepentingan, Lei Jun, Co-founder dan CEO Xiaomi, mengumumkan sebuah terobosan yang berhasil dicapai di Q2 2017.

Sumber: http://images.detik.com/content/2014/09/24/1146/xiom13.jpg

Sumber: http://images.detik.com/content/2014/09/24/1146/xiom13.jpg

Pada Q2 2017, Xiaomi berhasil mengirimkan 23.16 juta smartphone atau meningkat 70% dari kuartal sebelumnya. Prestasi ini menandakan suatu perubahan besar dalam pertumbuhan Xiaomi.

Setelah dua tahun melakukan kalibrasi ulang internal, Xiaomi sekali lagi memasuki masa pertumbuhan pesat. Hal ini merupakan suatu pencapaian penting bagi Xiaomi, dimana sampai hari ini, belum ada perusahaan smartphone lain yang secara global berhasil melanjutkan kembali pertumbuhan setelah mengalami penurunan penjualan.

Bagaimana Xiaomi berhasil mencapai prestasi ini?

Fokus pada riset dan pengembangan

 Xiaomi fokus untuk terus mengejar inovasi teknologi dan berjuang memenuhi keunggulan operasional dengan pengguna. Dalam beberapa tahun belakang, Xiaomi secara konsisten meningkatkan investasi dalam riset dan pengembangan. Xiaomi pun menuai hasil yang nyata dari investasi tersebut. Proses pemulihan dalam perusahaan berlanjut setelah mengalami satu tahun kemunduran, dimana itu merupakan periode yang paling menantang dalam sejarah perusahaan ini.

Penjualan smartphone melambat saat Xiaomi berjuang dengan masalah supply yang turut menghambat rantai pasokan selama beberapa bulan. Namun, Xiaomi menggunakan waktu ini sebagai kesempatan untuk mengkalibrasi ulang banyak aspek dalam bisnis. Hasil pengiriman Q2 mencerminkan perbaikan yang telah berhasil dilakukan sehubungan dengan pasokan produk Xiaomi.

Integrasi online dan offline

Dengan meng-upgrade ke model ritel baru,  Xiaomi berhasil mengintegrasikan ritel online dan offline. Sebagai sebuah perusahan internet, e-commerce merupakan bagian pokok dari strategi ritel Xiaomi. Xiaomi juga telah melihat perubahan besar dalam offline presence mereka. Hingga 7 Juli 2017, Xiaomi telah membuka 123 toko Mi Home di seluruh Tiongkok.

Setiap toko yang dibuka mendapatkan respon baik. Berdasarkan perhitungan metrik penjualan, angka dari revenue per square foot yang telah dicapai saat ini memimpin di industri. Tidak berhenti disitu, pada hari Sabtu, 8 Juli 2017, Xiaomi membuka 14 toko lagi.

Investasi berkelanjutan

Pertumbuhan eksplosif dalam bisnis global Xiaomi merupakan hasil dari investasi selama tiga tahun. Setelah tiga tahun melakukan investasi berkelanjutan pada bisnis global, tahun ini perusahaan berhasil mengulang sukses. Bisnis global Xiaomi mencapai pertumbuhan yang bukan hanya signifkan, tetapi melejit jauh dari tahun-tahun sebelumnya. 

Performance Xiaomi di India sangat menggembirakan, dimana dalam semester pertama di tahun ini, revenue di India meningkat sebesar 328% (year-on-year). Bahkan saat ini, Xiaomi menduduki peringkat kedua dalam market share smartphone di sana. Bukan hanya di India, Xiaomi pun menunjukkan hasil yang sangat baik di Indonesia, Rusia, Ukraina dan beberapa negara lainnya.

Apa yang membuat Xiaomi berhasil melanjutkan pertumbuhannya? Rahasianya terletak pada model bisnis dan nilai-nilai yang dimiliki Xiaomi. Xiaomi telah membuktikan ketahanan bisnis modelnya selama 7 tahun terakhir, baik melalui pertumbuhan yang luar biasa di tahun-tahun awal, maupun kegigihannya dalam mengembalikan pertumbuhan setelah masa-masa kalibrasi ulang yang pernah dilaluinya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top