Portal Lengkap Dunia Marketing

Artikel Riset

Penjualan Elektronik Bulan Maret Meningkat

Penjualan produk elektronik selama Maret 2007 secara keseluruhan menunjukkan kinerja yang cukup bagus dibandingkan bulan sebelumnya. Di bulan Februari hampir semua item produk penjualannya turun. Penjualan yang naik di bulan itu hanya produk AC. Itu pun naiknya hanya 2,4%. Sebaliknya, di bulan Maret penjualan elektronik untuk semua item mengalami peningkatan.

Jika melihat pola penjualan bulanan, biasanya penjualan di bulan Maret relatif bagus. Hal ini karena Februari merupakan bulan pendek (hari buka toko lebih sedikit). Di bulan itu terdapat tanggal tahun baru China. Di beberapa daerah seperti Medan, Pontianak dan lainnya, pemilik toko bagi yang merayakan Imlek bisa tutup selama 3 sampai 7 hari.

Salah satu faktor yang juga mendorong penjualan elektronik di bulan Maret adalah sejumlah aktivitas trade promo yang dilakukan oleh beberapa merek. Penjualan elektronik yang tergabung dalam EMC (Electronics Marketers Club) adalah penjualan ke toko bukan ke konsumen langsung. Sehingga jika ada program yang menarik dari prinsipal, toko mau membeli lebih banyak untuk stok mereka. Secara global hal ini bisa menaikkan penjualan ke toko cukup signifikan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top