Portal Lengkap Dunia Marketing

Artikel Riset

PENJUALAN ELEKTRONIK JULI 2007 Tidak Terpengaruh Musim Liburan

Perkiraan bahwa penjualan produk elektronik pada Juni-Juli akan turun karena musim liburan dan sekolah, ternyata meleset. Biasanya, saat memasuki musim ini, penjualan elektronik akan mengalami penurunan. Namun pada tahun ini kelaziman itu tidak berlaku. Penjualan elektronik di bulan Juli 2007 malah lebih bagus dari penjualan sepanjang tahun 2007.

Jika kita perhatikan, sepanjang 2007 ini tidak terlihat faktor lain yang membuat performa penjualan elektronik di bulan Juli menjadi bagus, kecuali menguatnya daya beli masyarakat. Kondisi makro ekonomi yang terus membaik yang ditandai dengan kecenderungan inflasi dan suku bunga yang turun terus menjadikan daya beli masyarakat semakin kuat.

Di bulan Juli, secara keseluruhan penjualan elektronik lebih baik ketimbang bulan sebelumnya. Hanya saja, beberapa produk— terutama AC—mengalami penurunan hingga 17%. Padahal,  semestinya penjualan AC tidak turun, mengingat sekarang masih musim panas. Penurunan ini diperkirakan karena pertumbuhan elektronik lebih banyak terjadi di daerah di mana AC belum banyak digunakan lantaran terbatasnya daya listrik. Selain itu, penurunan ini disinyalir juga akibat adanya short supply dari AC impor.

Bulan Juli lalu, penjualan televisi tercatat sebanyak 354.776 unit atau naik 9% dari bulan sebelumnya yang 324.464 unit. Jika dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2006, kenaikannya mencapai 32%. Sementara itu, penjualan audio meningkat 4,2% dibandingkan bulan sebelumnya. Sedang untuk penjualan VCD/DVD terjadi penurunan sebesar 3%. Penurunan ini lebih disebabkan oleh penjualan di bulan sebelumnya telah meningkat cukup besar, yakni 23,7%.

Kinerja industri elektronik tahun ini tampaknya semakin memberikan harapan yang baik. Ini terlihat dari penjualan yang terus tumbuh selama tahun 2007, kendati ada beberapa produk yang mengalami fluktuasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top