Portal Lengkap Dunia Marketing

Artikel Riset

Penjualan Elektronik Masih Fluktuatif

Kinerja penjualan produk elektronik sepanjang tahun 2007 ini boleh dikatakan belum stabil benar. Dari bulan ke bulan penjualannya berfluktuasi, kendati secara volume ada tren meningkat. Bulan Maret lalu misalnya, penjualan elektronik secara keseluruhan meningkat ketimbang bulan sebelumnya. Sebaliknya untuk bulan April, penjualan elektronik secara umum mengalami penurunan. Memang. kita tidak bisa mengesampingkan beberapa faktor yang turut mempengaruhi kinerja penjualan elektronik.

Berdasarkan data yang dirilis EMC (Electronics Marketers Club), penjualan di hampir semua item produk elektronik di bulan April mengalami penurunan, kecuali untuk AC dan Vacuum Cleaner. Penjualan kedua produk itu pun hanya naik 2-5% saja. Menurut Handojo Soetanto, Sekjen EMC, penurunan ini terutama terjadi pada market di kota-kota besar. Hal itu tampak dari kegiatan sale (diskon) di modern oulet. Untuk market di  daerah, relatif lebih baik karena daerah yang penghasilannya banyak dari hasil bumi seperti karet, kelapa sawit dan lain-lain mengalami kenaikan pendapatan yang cukup besar.

Sayangnya, meningkatnya penjualan di market di daerah ini belum bisa menutupi penjualan yang menurun di kota-kota besar. “Kami mengharapkan penjualan di bulan Mei bisa sedikit membaik sebelum mengalami penurunan di masa masuk sekolah (Juni-Juli),” imbuh Handojo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top