Portal Lengkap Dunia Marketing

Artikel Riset

Penjualan Elektronik Mei 2007

Mengantisipasi musim anak sekolah sekolah dan liburan, para produsen elektronik terlihat berusaha memanfaatkan bulan Mei untuk meningkatkan penjualannya. Maklum saja, bulan Juni-Juli dikenal sebagai “bulan paceklik” lantaran pada di masa itu terdapat musim liburan dan kenaikan sekolah. Orangtua cenderung lebih mengutamakan keperluan untuk tahun ajaran baru dan liburan ketimbang kebutuhan lain, seperti keinginan membeli produk elektronik.

Karenanya, para produsen tampak lebih gencar melakukan trade promo di bulan Mei untuk mengejar penjualan. Hasilnya, penjualan elektronik di bulan Mei secara umum terlihat lebih baik dibandingkan bulan April. Kenaikan penjualan yang dialami produk AC dan kulkas di bulan Mei ini juga terdorong oleh musim panas. Selama musim panas, market AC dan kulkas akan membaik hingga sampai puncaknya di bulan puasa nanti.

Jika melihat hasil sepanjang Januari-Mei 2007, penjualan elektronik nasional tampak masih berfluktuasi dengan mengikuti apa yang terjadi di bulan itu. Di bulan Februari misalnya, terdapat hari raya Imlek, penjualan elektronik menurun. Sementara memasuki musim panas/kemarau, pasar pompa air, AC dan kulkas cenderung membaik. Memasuki musim anak sekolah, penjualan elektronik diperkirakan akan menurun lagi. Penjualan produk elektronik ternyata tidak hanya dipengaruhi daya beli masyarakat, tapi banyak faktor lain yang juga mempengaruhinya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top