Portal Lengkap Dunia Marketing

Artikel Riset

PENJUALAN ELEKTRONIK SEMESTER I 2007 Kulkas, Mesin Cuci, dan AC Melesat

Membaiknya kondisi makro ekonomi Indonesia, yang ditandai dengan turunnya tingkat suku bunga serta mengecilnya tingkat inflasi, telah mendorong peningkatan penjualan elektronik pada semester I 2007 ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Penjualan elektronik pada semester I 2006 memang mengalami kelesuan akibat dampak kenaikan BBM di penghujung 2005 yang begitu tinggi. Karena itu, penjualan di Semester I 2007 ini seharusnya memang naik.

Handojo Soetanto, Humas EMC mengatakan, “Kenaikan penjualan elektronik pada semester ini lebih terdorong oleh bagusnya penjualan di daerah yang hasil buminya membaik seperti kelapa sawit, karet, dan terakhir coklat.” Menurutnya, secara unit kenaikan tidaklah begitu besar, namun terjadi pergeseran yang cukup besar dari  VCD ke DVD. Di kategori audio, ada sedikit penurunan, kecuali home theater yang meningkat tajam sehingga secara umum penjualan di audio relatif tetap.

Secara rinci, penjualan televisi mengalami kenaikan sebesar 13,6%, dari 1.676.854 unit menjadi 1.905.518 unit. Produk kulkas, AC, dan mesin cuci mengalami kenaikan yang cukup besar, yakni 31-45%. Kenaikan yang cukup besar untuk ketiga produk ini lebih dikarenakan penetrasinya masih kecil. Selain itu, juga terdorong oleh hadirnya iklim panas. Penjualan pompa air juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yakni mencapai 30,4% dibandingkan semester I 2006.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top