Perang Harga Masih Mendominasi

Menawarkan diskon saat happy hour menjadi strategi unggulan bagi beberapa tempat karaoke. Tak terkecuali NAV Karaoke Keluarga, Happy Puppy, dan Inul Vizta.

Karaoke

Sebagian masyarakat perkotaan umum membutuhkan hiburan setelah jenuh melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satu sarana yang kerap dipilih salah satunya adalah tempat karaoke. Ya, karaoke menjadi alternatif bagi mereka yang membutuhkan hiburan di tengah padatnya waktu yang dimiliki. Tak hanya itu, dari sisi harga pun cenderung kompetitif, dan penyebaran lokasi tempat karaoke—khususnya di Jakarta, sangat strategis sehingga mudah dijumpai.

Selain berfungsi sebagai tempat hiburan, karaoke juga bisa menjelma menjadi tempat berkumpul, baik bersama keluarga, sahabat, maupun rekan kerja. Karaoke secara umum membidik semua strata masyarakat mulai dari kalangan menengah atas hingga bawah dan mencakup semua usia. Maka jangan heran jika karaoke menjamur di mana-mana, bahkan dalam hitungan kilometer bisa terdapat beberapa tempat karaoke dengan berbagai pilihan merek.

Untuk itu, majalah MARKETING melakukan review terhadap beberapa tempat karaoke yang ada di bilangan Kelapa Gading, yakni NAV Karaoke Keluarga, Happy Puppy, dan Inul Vizta. Ketiga merek tempat karaoke ini terlihat mendominasi di area Kelapa Gading. Majalah MARKETING pun melakukan review mencakup layanan dan fasilitas yang ditawarkan ketiganya.

Profil Ketiga Tempat Karaoke

Sejak didirikan pada tahun 2000, NAV Karaoke Keluarga sudah dengan cepat menempatkan diri sebagai tempat hiburan karaoke keluarga di Indonesia. NAV Karaoke Keluarga saat ini telah memiliki lebih dari 80 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, dan masih terus berkembang pesat untuk menyediakan hiburan karaoke yang terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Dengan desain ruangan yang modern, dilengkapi fasilitas sound system yang canggih, serta menggunakan teknologi layar sentuh, NAV Karaoke Keluarga menyediakan puluhan ribu lagu sesuai pilihan pengunjung, mulai lagu Indonesia, Barat, Mandarin, Rohani, Jepang, bahkan lagu daerah.

Kemudian ada Happy Puppy. Tempat karaoke ini lahir sejak tahun 1992 dan hingga kini sudah memiliki banyak outlet yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Dengan prestasi awal yang membanggakan itu, jaringan karaoke keluarga ini pun merambah ke Jakarta, Semarang, Samarinda, Balikpapan, Makassar, Yogyakarta, Pontianak, Manado, dan kota-kota lainnya di Indonesia.

Sementara itu, Inul Vizta Karaoke memposisikan diri sebagai “Karaoke Trendy dan Selebizz”. Tempat karaoke ini ditargetkan untuk memenuhi selera masyarakat kelas menengah metropolis trendi yang menginginkan bernyanyi, hang out, maupun berpesta pada tempat dan suasana yang cozy, fun, nyaman, aman, sopan, dan selebriti abizz, namun tetap dengan biaya terjangkau.

Review Fasilitas dan Layanan

Pada periode bulan Juni 2016, majalah MARKETING melakukan kunjungan langsung ke NAV Karaoke Keluarga, Happy Puppy, dan Inul Vizta secara acak. Adapun hal yang ditinjau terkait fasilitas, layanan, harga maupun promo yang ditawarkan. Fasilitas meliputi kapasitas ruang karaoke yang disediakan—termasuk tampilan interior dan aksesori lainnya. Sementara layanan lebih difokuskan pada keramahan pegawai saat kali pertama kunjungan hingga selesai. Menariknya, ulasan juga meliputi harga dan promo menarik yang ditawarkan saat itu.

NAV Karaoke Keluarga

Ramah adalah kesan pertama yang didapat saat memasuki area karaoke yang terletak di Mall Artha Gading lantai 5. Pengunjung akan disambut oleh pegawai yang dapat dikenali melalui seragam kerja berwarna oranye. Selain senyum dan menyapa, pegawai juga mempersilakan pengunjung untuk masuk dan dengan sigap menanyakan kebutuhan pengunjung.

Meskipun di meja resepsionis terpampang informasi penting mengenai peraturan, harga room, dan promo lain, pegawai tetap menjelaskan secara rinci layanan yang ada. Bahkan, pegawai tersebut menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan dengan jelas, seperti banyaknya ruangan yang tersedia, tipe-tipe ruangan, kapasitas, serta program membership.

Saat itu, tipe ruang yang dipilih untuk melakukan review adalah small room dengan kapasitas enam orang. Salah satu pegawai dengan ramah mengantarkan ke ruang yang dituju tanpa memberikan penjelasan detail cara menggunakan perangkat dalam ruangan. Meski tipe small room tidak terlalu besar, ruangan cukup nyaman karena dilengkapi AC dengan suhu yang cukup.

Di dalam juga terdapat satu monitor besar untuk menampilkan pilihan lagu, remote, dan dua microphone. Sayangnya, kendala kerap terjadi ketika proses pemilihan lagu dikarenakan touch screen kurang responsif atau lagging. Sementara dari sisi koleksi lagu, NAV Karaoke Keluarga terbilang lengkap meskipun beberapa lagu lawas sekitar tahun 1970─1980 tak tersedia.

Ketika melakukan pembayaran, ternyata saat itu sedang promo Happy Hour NAV yakni pukul 12.00─17.00 WIB, sehingga biaya yang dikenakan adalah sebesar Rp39.000 dari harga normal Rp65.000. Promo lain yang ditawarkan adalah potongan harga pada pukul 23.00─02.00 WIB. Pengunjung pun tak perlu khawatir, meski berada di dalam mal, NAV Karaoke Keluarga terhubung langsung dengan area parkir sehingga untuk akses tak perlu diragukan.

Happy Puppy

Memasuki lobi utama Happy Puppy, suasana hangat dan ceria langsung menyeruak. Tim majalah MARKETING kali ini memilih outlet Happy Puppy di kawasan Kelapa Gading I, Jalan Bulevar Raya LB III No. 27─28, Jakarta. Dekorasi yang padat, tematik, serta colorful memang sempurna menarik minat pengunjung yang datang. Desain karaoke dengan segmen keluarga ini memang lebih semarak ketimbang fasilitas hiburan karaoke lainnya. Sang resepsionis perempuan ramah menyapa dan menjelaskan fasilitas-fasilitas di Happy Puppy.

Dari segi harga yang ditawarkan, Happy Puppy lebih murah ketimbang kompetitor. Harga ditentukan berdasarkan happy hour dan non-happy hour. Happy hour dimulai pukul 11.00 WIB hingga 16.30 WIB. Tarif tiap-tiap ruangan pada happy hour ini mendapat potongan 50% dari harga normal. Namun, tetap ditambah pajak layanan 5% dan pajak hiburan 10%.

Sesudah memesan, salah seorang pegawai pria mengantar ke room yang dituju. Setibanya di ruangan karaoke, pegawai karaoke lainnya menjelaskan tata cara penggunaan LCD layar sentuh untuk memilih lagu. Ruangan dengan sofa dan perangkat LCD, TV layar datar 32 inch, dua buah mikrofon, serta sound system secara visual terlihat apik. Akan tetapi, penerangan ruangan agak sedikit temaram dan salah satu mikrofon tidak berfungsi dengan baik.

Happy Puppy memiliki koleksi lagu yang sangat lengkap. Ada 60 ribu lagu dari Indonesia, Korea, Jepang, Mandarin, Barat, dan lainnya. Sepanjang menikmati karaoke, suara dari sound system terdengar tidak maksimal. Hal ini mungkin karena ruangan yang terlampau kecil sehingga gaung dari suara mikrofon sangat mengganggu.

Menariknya, ada pengingat di layar TV ketika jam paket akan habis. Di nota pemesanan pun tertera keterangan jumlah pengunjung yang masuk ke dalam ruangan beserta keterangan jenis kelamin. Hal ini tidak lepas dari positioning Happy Puppy sebagai Self-Service Family Karaoke Box sejak awal berdirinya 14 November 1992. Karaoke ini juga menawarkan service lain berupa snack, makanan (meals), dan minuman kepada pengunjung.

Secara keseluruhan Happy Puppy memiliki visual yang menarik, didukung alat elektronik dan sound system yang lengkap. Dari segi harga dan service, Happy Puppy juga mampu bersaing dengan kompetitor. Sayangnya satu hal yang luput adalah perihal kebersihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.