Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Perilaku Konsumen Selama Ramadhan

Bulan Ramadhan memang masih sekitar dua bulan lagi, namun penting bagi perusahaan/merek mencermati perilaku konsumen di media sosial di selama menjelang dan selama bulan Ramadhan. Temuan  insight terbaru Facebook Indonesia menyebutkan, selama bulan Ramadhan, lebih dari 89 juta orang mengakses Facebook setiap bulan melalui mobile dan 96% 96% postingan Facebook dilakukan di mobile. Demikian siaran pers yang diterima Redaksi Marketing.co.id.

Di Facebook selama Ramadhan ada 5 postingan teratas, yakni Keluarga (48%), Makanan dan Minuman (16%), Rumah tangga (10%), Wisata (9%), Berbelanja (6%). Selama Ramadhan sebanyak 60% masyarakat Indonesia menjadi lebih dekat dengan teman dan keluarga melalui mobile selama bulan Ramadhan. Temuan lain, 1 dari 2 orang Indonesia menggunakan mobile untuk merencanakan aktivitas sosial selama bulan Ramadhan.

Ketika sedang menonton TV, masyarakat Indonesia juga tidak mau jauh-jauh dari perangkat mobile. Sepanjang Ramadhan 2  dari 3 orang Indonesia menggunakan mobile selama menonton TV. Berikut adalah tiga aktivitas teratas lintas layar masyarakat Indonesia, yaitu mencari informasi, layanan pengiriman pesan, dan media sosial.

Sri Widowati, Country Director – Indonesia, Facebook  sedang memberikan penjelasan mengenai insight-insight menarik dari Facebook seputar Ramadhan

Sri Widowati, Country Director – Indonesia, Facebook sedang memberikan penjelasan mengenai insight-insight menarik dari Facebook seputar Ramadhan

Sweet is not enough

 Salah satu merek yang cukup gencar melakukan aktivitas pemasaran selama Ramadhan, NutriSari. Merek ini menggunakan iklan video di Facebook.  Satu minggu sebelum bulan puasa, brand minuman ini mulai membangun kesadaran dan mengedukasi konsumen, bahwa mereka membutuhkan lebih dari sekedar minuman manis untuk berbuka puasa.

NutriSari membuat iklan video dan iklan carousel yang menonjol di News Feed, menekankan nilai nutrisi dari Nutrisari. Brand ini menggunakan kalimat “Manis Aja Gak Cukup” selama kampanye, ajakan agar konsumen memikirkan kesehatan dan vitamin yang mereka butuhkan untuk mengembalikan energi setelah sehari berpuasa.

Kampanye ini berlangsung selama 6 minggu,  termasuk selama bulan Ramadhan. Kampanye ini menyasar kaum laki-laki dan wanita Indonesia dengan rentang usia 15-35 tahun. Kampanye selama bulan Mei – Juli 2016 ini berhasil meningkatkan ad recall sebanyak 26 point (3.7 kali lebih besar dari hasil yang biasa dihasilkan di Facebook di kawasan Asia Pasifik). Selain itu, terjadi peningkatan ad recall sebanyak 28 point di segmen 15-35 tahun. Capaian lainnya, peningkatan asosiasi pesan sebesar 4 poin dan terciptanya interaksi dengan 36 juta orang selama Ramadhan.

“Kami menyadari bahwa tidak mudah untuk merebut perhatian konsumen di bulan Ramadhan karena banyak brand yang beriklan pada periode tersebut. Namun, insight dari Facebook selama bulan suci Ramadhan membantu kami untuk mendapatkan hati dan perhatian para konsumen mobile first saat ini,” tutur Susana, Head of Marketing NutriSari seperti tertulis pada siaran pers.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top