Dunia Digital

Digital Hub, Kawasan Komunitas Digital Seluas 25,86 Ha di BSD City

Untuk mempekuat komunitas digital di BSD City, Sinar Mas Land menghadirkan Purwadhika Startup & Coding School di BSD City.

Hadirnya Purwadhika di BSD City menjadi sarana baru bagi para peminat teknologi yang ingin belajar dan mengetahui lebih banyak tentang dunia Information Technology (IT), khususnya bidang startup dan coding.

Purwadhika, Sekolah khusus startup dan coding hadir di BSD CitySelain itu, Purwadhika juga menjadi elemen baru yang akan memperkuat posisi BSD City dalam bertransformasi menjadi “The First Integrated Smart Digital City” di Indonesia.

Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land mengungkapkan, SML merasa senang karena institusi pendidikan terpercaya seperti Purwadhika Startup & Coding School dapat bergabung bersama BSD City.

Dhony meyakini, Purwadhika dapat memberikan program-program pendidikan terbaik di bidang IT, khususnya pembentukan startup dan keahlian coding.

“Semoga dapat memberikan sarana pendidikan baru bagi masyarakat yang antusias dan ingin belajar tentang segala hal yang berkaitan dengan Smart System & Smart Technology ,” harap Dhony.

Purwadhika Startup & Coding School di BSD City

Didirikan dengan visi untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara industri teknologi informasi terkemuka di dunia, Purwadhika hadir sebagai lembaga pendidikan dengan fokus pendidikan dibidang startup, coding, dan Internet of Things.

Bagi masyarakat yang ingin membangun IT Startup namun tidak memiliki background IT, keahlian teknikal, co-founder dan mentorship, Purwadhika menyediakan program Startup Fast Track.

Sedangkan program Job Connector dibentuk untuk menghasilkan para software developer yang nantinya akan disalurkan bekerja ke perusahaan startup atau lainnya.

Purwadhika juga menawarkan program baru yaitu Internet of things (IoT) yang diperuntukan bagi para pelaku industri, remaja, maupun anak-anak yang berminat mengetahui seluk beluk bagaimana internet dapat terhubung kepada kehidupan sehari-hari dan bisnis.

Purwa Hartono, Founder and President Purwadhika Startup & Coding School mengemukakan, dengan hadirnya program-program yang ditawarkan, diharapkan nantinya akan lahir para  para pelaku startup baru dari Indonesia, serta para software developer yang dapat mendukung startup ecosystem di Indonesia.

The First Integrated Smart Digital City – BSD City

Seperti kita ketahui, SML sedang gencar menghadirkan fasilitas dan infrastruktur berbasis teknologi di BSD City. Hal ini ditujukan untuk merealisasikan rencana perusahaan yang ingin menjadikan BSD City sebagai “The First Integrated Smart Digital City” yang didukung dengan sistem, fasilitas, serta infrastruktur teknologi dan digital untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Dimulai dengan penyediaan aplikasi mobile yang terintegrasi dan dapat diakses seluruh masyarakat BSD City. Aplikasi tersebut berupa e-wallet, community platform, loyalty programs, dan business performance management solutions. 

Diharapkan aplikasi mobile tersebut dapat memberi kemudahan informasi serta kemudahan dalam segala bentuk transaksi bagi para penghuni BSD City, mulai dari pembayaran sewa bagi para tenant, hingga melakukan pemesanan tempat di berbagai restoran yang ada di area BSD City.

Dari sisi infrastuktur, BSD City membangun sendiri jaringan fiber optic yang merupakan tulang punggung konektivitas, juga CCTV yang tersebar di sejumlah area yang dapat dipantau melalui command center, dan tak luput menyediakan layanan free wifi di area publik.

Tranformasi ini diharapkan dapat membuat kualitas hidup penghuni BSD lebih baik. Komitmen BSD City tak hanya sebatas hal di atas, transformasi ini berlanjut dengan mengalokasikan satu kawasan untuk komunitas digital, yakni Digital Hub.

Menempati area seluas 25,86 Ha, Digital Hub  merupakan inovasi SML untuk menjawab kebutuhan masyarakat di era teknologi digital akan kawasan yang memiliki infrastruktur teknologi, fasilitas lengkap, serta berlokasi strategis dan multi akses.

Kawasan ini didedikasikan sebagai ‘Silicon Valley’ Indonesia, dipersembahkan khusus untuk menunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan teknologi dan digital, mulai dari startup company, technology leaders, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT Science . 

Digital Hub akan mulai konstruksi pada kwartal kedua 2017 dan menelan total biaya hingga Rp3 triliun. Digital hub akan dilengkapi beberapa fasilitas seperti interaktif meeting room, mesin 3D printinggaming roomVR roomsegway dan fasilitas lainnya.

Lebih lanjut Dhony mengatakan, membangun dan mengembangkan komunitas digital memerlukan talent pool. Kunci utama untuk menarik perusahaan-perusahaan besar agar tertarik berkantor di BSD City adalah dengan menyediakan banyak talenta.

Disinilah SML harapkan peran Purwadhika. Sehingga nantinya perusahaan IT di Digital Hub tidak perlu lagi mencari sumber daya manusia dari luar, tapi sudah disediakan di sini.

Selain itu, tidak tertutup kemungkinan seseorang yang memang memiliki kemampuan mumpuni tertarik untuk membuat startup. “Talent itu menjadi perusahaan kecil, kemudian diinkubasi menjadi perusahaan menengah, lalu menjadi perusahaan besar,” kata Dhony.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top