Portal Lengkap Dunia Marketing

Salesmanship

Presentasi Meyakinkan Sekaligus Menghibur (2)

Orang-orang sering bertanya pada saya, “James, saya harus menyampaikan presentasi kepada klien minggu depan. Apakah Anda mempunyai tips untuk saya supaya bisa menyampaikan presentasi yang bagus?”

james gwee presentasi

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas poin mengenai kegugupan, pertanyaan yang sederhana, tapi memerlukan jawaban yang sangat komprehensif. Tergantung pada di mana kelemahan setiap orang, di mana saya harus mulai?

Pada artikel lanjutan ini kita membahas lebih mendalam tentang poin selanjutnya, mengenai kurangnya persiapan Anda dalam melakukan presentasi.

Tidak Siap

Khusus untuk penyebab ini memang sulit, karena sejujurnya, tidak mudah untuk dapat menyembunyikan ketidaksiapan. Mengapa Anda tidak siap? Mungkin karena pemberitahuannya terlalu mendadak, atau Anda memang tidak mengerjakan “pekerjaan rumah” yang diperlukan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menanggulangi penyebab ini:

  • Tetap lanjutkan presentasi Anda dan berharap Anda bisa membawakannya dengan baik dan menjawab semua pertanyaan walaupun Anda merasa tidak siap.
  • Meminta penundaan 1 atau 2 hari supaya Anda punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri.
  • Teruskan presentasi, tapi coba kecilkan cakupan presentasi tersebut agar bahannya hanya terbatas pada hal yang Anda sudah kuasai saja.

Rasa Khawatir

Ini sering kali menjadi sebab utama munculnya rasa gugup. Anda merasa khawatir segala sesuatunya tidak akan berjalan lancar. Anda khawatir akan terjadi hal-hal berikut:

  • Penonton banyak yang tertidur
  • Penonton menertawakan Anda
  • Penonton kehilangan respek pada Anda
  • Penonton menolak presentasi Anda
  • Penonton bersikap tidak bersahabat
  • Penonton mengajukan pertanyaan yang tidak bisa Anda jawab
  • Anda lupa apa yang hendak disampaikan di tengah-tengah presentasi
  • Anda tidak bisa ingat persis kata-kata tertentu yang sulit diingat, tapi ingin disampaikan
  • Masalah pada komputer atau masalah teknis lain akan muncul di tengah-tengah presentasi

Ingatlah bahwa hidup tidak pernah berjalan sempurna. Banyak hal yang tidak berjalan semestinya. Dalam pengalaman saya selama 12 tahun menjadi pembicara seminar, memang ada hal-hal yang tidak berjalan sebagaimana semestinya.

Misalnya tata letak ruangan tidak sesuai dengan keinginan, kabel komputer tidak sesuai dengan komputernya, LCD mendadak rusak, ada kerusakan listrik di tengah-tengah presentasi. Atau saya lupa membawa file presentasi, audiens yang datang tidak sesuai dengan yang saya harapkan, beberapa orang tertidur di tengah-tengah presentasi, beberapa orang menanyakan hal-hal yang sulit, saya tidak dapat menjawab beberapa pertanyaan, saya lupa nama orang, saya memanggil orang dengan nama yang salah, dan masih banyak lagi.

Banyak kesalahan bisa terjadi. Apakah kita berharap semua berjalan sempurna? Tentu tidak! Sebenarnya orang-orang bisa menerima jika terkadang terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Its OK. Itu memang bagian dari kehidupan.

Apakah Anda berharap selalu mempunyai jawaban hebat akan semua pertanyaan yang diajukan pada Anda? Tentu tidak! Anda bukanlah ahli dari segala hal dan bukan ensiklopedia berjalan. Anda tidak mempunyai jawaban atas semua pertanyaan. Menjawab terus terang bahwa, “Saya tidak tahu jawabannya” sering kali lebih baik daripada berbohong atau berpura-pura tahu.

Ingatlah bahwa intinya bukan apakah masalah akan muncul atau tidak. Intinya yaitu apa yang akan Anda lakukan jika ternyata ada masalah yang muncul. Apakah Anda menganggap normal jika terjadi masalah, atau Anda malah panik dan menganggap diri Anda tidak berguna, menjadi malu, merasa bodoh, dan lain-lain.

Kita tidak bisa memprediksi 100% presentasi akan berjalan secara akurat, tapi kita selalu bisa 100% mengendalikan apa reaksi dan tindakan yang akan kita lakukan jika ternyata ada masalah yang timbul.

Jadi, janganlah panik. Jika ada masalah yang timbul, itu adalah hal normal. Beberapa bulan kemudian, Anda bahkan bisa tertawa sendiri mengingat semua masalah yang pernah terjadi.

Until then, God Bless! 

James Gwee is now on Metro TV, watch “I’M POSSIBLE” every Sunday night at 20.00.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top