Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Sahid Eminence Puncak: Back to Nature

Kawasan Puncak, Bogor, masih menjadi salah satu tujuan utama wisata warga Jakarta dan sekitarnya. Hal itu terlihat dari jumlah wisatawan yang selalu meningkat setiap tahunnya.

Data PBS menyebutkan, pertumbuhan jumlah wisatawan ke kawasan Puncak meningkat rata-rata 3,9% per tahun, yakni 1.102.608 orang ( 2004) dan 1.335.443 orang (2015). Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat.

Sayangnya, peningkatan jumlah wisatawan tersebut tidak diimbangi dengan ketersediaan jumlah kamar hotel yang refresentatif. Saat ini kawasan Pundak hanya ada sekitar 24 hotel dengan total 1.825 kamar. Jumlah tersebut masih jauh dari kebutuhan.

Merespon peluang pasar yang menggiurkan tersebut, manajemen Sahid Hotel & Resort menghadirkan Sahid Eminence Hotel Convention & Resort di Ciloto, Puncak, Bogor.

General Manager Sahid Eminence Hotel Conventio & Resort Robby Saimima General Manager Sahid Eminence Hotel Conventio & Resort Robby Saimima mengatakan, daerah puncak memang memiliki potensi pasar yang besar. Setiap akhir pekan selalu ramai di kunjungi, baik oleh warga bogor, Jakarta, Bandung dan sekitarnya.Secara ke seluruhan, daerah Puncak itu setiap weekend dikunjungi oleh keluarga.

Berdiri di atas lahan 12 hektar, Sahid Eminence memiliki 379 kamar, 12 meeting room dan 2 ballroom. Agar semua kamar bisa terisi, di hari biasa Sahid Eminence mengejar pasar perusahaan dan pemerintahaan. Sedangkan hari libur pasar yang di sasar adalah keluarga.

Meski pendatang baru Robby sama sekali tak gentar. Persaingan sudah pasti ada, namun sekarang yang harus dipikirkan adalah bagaimana memaksimalkan potensi pasar yang ada.

Menurut Robby, masing-masing punya kelebihan yang bisa ditawarkan untuk menggoda target pasar. Sahid Eminence sendiri memiliki fasilitas seperti outbond, kolam renang air hangat, plying fox, climbing, nursery, jogging track dan fasilitas-fasilitas unggulan lainnya yang bisa membuat target pasarnya tergoda.

Untuk keluarga, Sahid Eminence memiliki program yoga dan cooking class. Melalui program cooking class, anak-anak akan diajarkan tentang bagaimana cara menanam dan memasak.

“Satu hal yang pasti, keunikan yang dimiliki Sahid Eminence adalah banyaknya fasilitas yang ditawarkan yang tak ada di tempat lain. Kamar kami seluruhnya menggunakan balkon. Jendela semuanya kaca sehingga tamu bisa melihat view alam langsung. Konsep kami back to nature, ujar Robby.

Hotel Sahid 6Robby menyadari betul segala keunggulan yang dimilikinya jika tak tersampaikan dengan baik ke masyarakat tidak akan menghasilkan apa-apa. Oleh karena itu, selain mengundang media, komunitas blogger, internet juga dimaksimalkan seperti media sosial, travel agent online dan lainnya.

Dunia digital, kata Robby, saat ini memiliki pengaruh yang luar biasa. Tingkat kedatangan tamu dari internet jumlahnya jauh lebih besar dan kenaikannya signifikan.

Beberapa waktu lalu, kita menjalankan campaign di internet lewat tagar #sahideminence. Kita mengundang komunitas blogger untuk datang dan disediakan area-area bagus untuk selfie. Hasilnya cukup bagus, 70% tamu yang hadir berasal dari internet.

“Kami memiliki tim digital sendiri, budget marketing yang kita sediakan untuk digital juga cukup besar, sekitar 40%,” terang Robby.

Sahid Eminence Hotel Convention & Resort merupakan hotel bintang 4 dengan fasilitas bintang 5. Secara otomatis, pelayanan yang ditawarkan pun mengacu pada standar pelayanan bintang 5.

Hotel Sahid 3Misalnya, check-in dan check-out tidak terlalu lama, semuanya serba digital. Kalau ingin check-out tinggal lihat di TV, tamu bisa tahu semua berapa biaya yang dihabiskan dan sebagainya. “Jangan sampai tamu hanya datang sekali karena kecewa dengan pelayanan kita,” imbuhnya.

Ada beberapa kamar yang tersedia, dari yang termurah sampai yang termahal harganya mulai dari Rp1,2 juta – Rp6 juta.

Harga yang ditawarkan untuk area tersebut memang cukup tinggi. Namun Robby menjamin harga tersebut sesuai dengan pelayanan yang diberikan. Terbukti, sampai saat ini tingkat okupansinya selalu di atas 60%.

Untuk menjamin pelayanan yang diberikan berjalan baik, pelatihan terus diberikan kepada 100 karyawan yang saat ini tengah bekerja.

Untuk menjaga agar pelanggannya selalu kembali, Sahid Eminence selalu memberikan special treatment. Jika ada tamu yang sering menginap di Sahid Eminence misalnya, tamu tersebut akan diberikan sesuatu yang spesial. “Pokoknya plus-plus deh,” lanjut Robby.

Melihat pasar yang masing sangat besar, tahun ini Robby sangat optimis tingkat okupansi Sahid Eminence paling tidak bisa 70%. Karena, selain memiliki fasilitas yang tak dimiliki pemain lain, lokasinya pun sangat strategis.

“Kami sangat optimis menatap 2017, kebetulan posisi kami di tengah-tengah antara Bandung dan Jakarta,” ujar Robby.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top