Solusi di Tengah Kesibukan Wanita Modern

Kedudukan seorang wanita sudah tidak bisa disepelekan lagi. Kaum hawa kini berada di level yang sejajar dengan kaum adam. Wanita bisa memilih dan memiliki karier yang panjang dalam bekerja.

houzcallFenomena ini menghasilkan sebuah istilah baru yaitu wanita modern. Wanita modern bisa dikatakan berperan sebagai ibu rumah tangga, namun juga tetap menjalani kariernya. Dengan bergelut di dua dunia ini tentu ada konsekuensi yang harus diterima, yaitu waktu.

Rutinitas padat sebagai wanita modern membuat waktu menjadi sesuatu yang sangat langka. Mereka cenderung tidak punya waktu untuk merawat diri. Padahal kebutuhan grooming bagi seorang wanita sangatlah penting.

Melihat peluang dari kebutuhan tersebut, David Susanto pun berinisiatif membuat sebuah aplikasi bernama “SALON by Houzcall”. SALON by Houzcall adalah sebuah layanan berfokus di bidang beauty and wellness.

“Aplikasi ini kami hadirkan untuk kaum wanita modern dan urban yang sibuk dengan range usia 25─50 tahun, namun tetap ingin terllihat cantik dengan rambut yang menawan,” beber David. Lebih lanjut dia menjelaskan, aplikasi ini adalah sebuah aplikasi salon online premium untuk melayani penataan rambut di tempat dan waktu yang diinginkan pelanggan.

Aplikasi SALON by Houzcall yang diluncurkan pada Februari 2016 lalu adalah pengembangan bisnis dari David untuk memudahkan pelanggannya. Sebenarnya SALON by Houzcall sudah diperkenalkan sejak tahun 2015, tapi saat itu hanya bisa menerima booking melalui Whatsapp. Sekarang aplikasi sudah tersedia dan dapat diunduh di AppStore dan Google Play.

Sebagai aplikasi beauty on demand, SALON by Houzcall menyediakan dan memberikan pelayanan yang premium. Layanan utama yang disediakan adalah gunting rambut (cut), updo dan updo tradisional, blow and dry, dan cream bath. Walaupun mengkhususkan diri dengan menyasar kaum wanita, SALON by Houzcall juga memberikan pelayanan gunting rambut untuk pria dan anak-anak.

Selain layanan gunting rambut, ada juga layanan lainnya, yaitu nail services yang terdiri dari layanan manicure dan pedicure. Meski hanya layanan tambahan, nail services menurut David, termasuk dalam layanan favorit pelanggan bersama dengan layanan updo.

Dari segi harga, SALON by Houzcall menetapkan tarif mulai dari Rp150.000 untuk layanan manicure, gunting rambut untuk pria dan anak-anak, blow & styling. Harga tertinggi diberikan untuk layanan updo tradisional dan beberapa layanan waxing dengan banderol Rp300.000.

Soal pembayaran, Houzcall menyediakan beberapa macam cara; secara tunai (cash on delivery), juga bisa melalui transfer ataupun Houzcall Credit. Houzcall Credit adalah voucer elektronik yang dapat digunakan pelanggan sebagai pengganti uang tunai untuk melakukan pembayaran dan transaksi pada layanan yang diberikan.

Jalin Kerja Sama dengan Mitra

Salah satu keunggulannya dibanding aplikasi sejenis adalah kualitas pelayanan. Kualitas tersebut bisa terlihat dari sumber daya manusia, dalam hal ini adalah hairstylist. Hairstylist di SALON by Houzcall bersifat nonpegawai atau disebut mitra. Namun begitu, David meyakinkan kalau mitranya tetap berkualitas karena ada proses dan seleksi yang ketat untuk memilih mereka.

“Mitra harus memenuhi beberapa kriteria yang kita tetapkan, harus lulus tes dalam proses onboarding. Penampilan yang mendukung, memiliki attitude, dan juga bagaimana ketika melakukan one-on-one interview dengan trainer,” ungkapnya.HOUZCALL 02

Menjaga kepuasan pelanggan adalah hal yang sangat penting. Untuk itu, SALON by Houzcall senantiasa melakukan evaluasi dari setiap booking yang diterima. Evaluasi dilakukan dengan cara melibatkan pelanggan secara langsung melalui penilaian kepada mitra berupa pemberian rating. Jika ada rating kurang memuaskan atau di bawah rata-rata (4,7) dari klien, hal tersebut akan langsung ditindaklanjuti kepada mitra yang bersangkutan.

Rating adalah cara SALON agar kualitas layanan tetap terjaga dan terstandarisasi sehingga kami dapat menjamin kepuasan pelanggan juga menciptakan user experience terbaik. Itulah yang membedakan SALON dari yang lain,” ujar David bangga.

Mitra yang bergabung dengan SALON pun diakuinya semakin bertambah. Jumlahnya saat ini sudah ada puluhan mitra. Target di tahun 2017, ia yakin mitra yang bergabung akan naik 2─3 kali lipat.

Aplikasi SALON by Houzcall terbilang sukses meskipun belum setahun hadir. Terlihat dari semakin banyaknya pengguna aplikasi ini dengan jumlah pengunduh mencapai 11.300 orang. Hal tersebut dibarengi dengan penetrasi yang semakin luas tidak hanya di Jakarta, tapi juga wilayah Tangerang, Bekasi, dan Depok.

Menjaga Loyalitas Pelanggan

Angka 11.300 bagi David bukan sekadar angka. Baginya itu adalah tanggung jawab besar karena angka tersebut menunjukkan existing client mereka yang harus terus dijaga serta diberi pelayanan terbaik dan memuaskan. Demi menjaga kepuasan hati klien, salah satu caranya adalah fitur untuk bisa memilih stylist atau therapist yang sudah cocok dengan mereka.

“Untuk memperkuat engagement dengan existing client, kami juga akan membuat beberapa inisiatif seperti loyalty point dan kemudahan untuk melakukan pembayaran. Dengan begitu engagement-nya akan lebih tinggi dan tingkat loyalitas klien juga bertumbuh,” tambahnya.

Ke depan, David pun berharap SALON by Houzcall dapat menjadi jawaban dari kebutuhan kaum wanita urban usia 25–40 tahun, sebagai penyedia jasa layanan kecantikan yang memberikan kenyamanan dan dapat dipercaya.

Wicaksono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.