Sumbang Air Bersih, P&G Indonesia Gandeng Indomaret

Procter & Gamble (P&G) – produsen Pantene, Downy, Pampers dan produk-produk perawatan pribadi dan rumah tangga, mendonasikan 22 juta liter air bersih di Indonesia melalui program non-profitChildren’s Safe Drinking Water (P&G CSDW).

Program yang dilaksanakan sejak tahun 2004, telah membagikan lebih dari 11 miliar liter air layak konsumsi kepada masyarakat di 85 negara melalui inovasi yang terdapat pada P&G Purifier of Water. Bubuk Purifier of Water dalam kemasan sachet ini bekerja dengan mengikat dan memisahkan kotoran yang terdapat di dalam air kotor dalam waktu 30 menit, yang  setelah  proses pemurnian dan penyaringan menghasilkan air bersih yang dapat langsung diminum.

csdw1

Untuk program CSDW kali ini, P&G menggandeng PT Indomarco Prismatama (Indomaret) dan Wahana Visi Indonesia mengadakan program Berbagi Air Bersih. Program yang telah berlangsung dari tanggal 1 Agustus 2016 sampai 30 September 2016 ini berhasil menarik konsumen Indomaret untuk berbelanja sambil berdonasi. Setiap pembelanjaan produk-produk P&G seperti Pantene, Head & Shoulders, Rejoice, Downy, Gillette, Pampers dan Ambipur di Indomaret seluruh Indonesia, konsumen berarti ikut menyumbangkan air bersih layak konsumsi untuk kebutuhan sehari.

Selama dua bulan program Berbagi Air Bersih ini berlangsung, P&G dan Indomaret telah berhasil mengumpulkan hingga 12 juta liter air bersih layak konsumsi yang akan disumbangkan ke wilayah di Kalimantan Barat. Pemilihan wilayah Kalimantan Barat ini berdasarkan data yang diberikan oleh Wahana Visi Indonesia, bahwa air yang tersedia di wilayah ini sulit didapatkan dan air layak diminum sangat minim. Sumber  utama air  yang digunakan adalah air hujan, air sungai dan sumber air permukaan lainnya,  yang kebanyakan sumber air tersebut terkontaminasi dan tercemar. Oleh karena itu, P&G ingin memberikan sumbangan berupa air bersih layak konsumsi ke daerah tersebut agar kontribusi yang diberikan tepat sasaran.

“Pada program Berbagi Air Bersih ini kami mentargetkan 9 juta liter air bersih layak konsumsi disumbangkan, tapi hasil yang diperoleh melebihi apa yang kami rencanakan sebelumnya. Kami sangat berterima kasih kepada konsumen. P&G yang ikut peduli dan ingin berbagi ke saudara-saudara di wilayah yang masih kekurangan akses air bersih layak konsumsi,” jelas Nararya Soeprapto, DirekturProcter&Gamble Home Products Indonesia.

GondoSudjoni, Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama menambahkan, selama dua bulan, program Berbagi Air Bersih berjalan dan mendapatkan respon yang sangat baik dari konsumen. Walaupun Program Berbagi Air Bersih yang dilakukan oleh P&G bersama Indomaret telah berakhir, tapi P&G dengan program CSDW akan terus melanjutkan membuat program sejenis lainnya agar masyarakat di wilayah yang membutuhkan teredukasi dan dapat menikmati air bersih layak konsumsi yang pada akhirnya membantu meningkatkan kehidupan yang berarti buat masyarakat yang dibantu.

Fisamawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.