Portal Lengkap Dunia Marketing

Artikel Riset

SURVEI TENTANG CSR Konsumen Makin Peduli pada Isu Lingkungan

Konsumen Indonesia kini semakin kritis. Pasalnya, mereka tidak saja peduli dengan isu mengenai keamanan pangan, tapi juga peduli dengan isu lingkungan. Mereka akan menilai negatif terhadap perusahaan yang ditengarai merusak lingkungan. Sebaliknya, mereka akan respek dengan perusahaan yang peduli terhadap lingkungan atau mendapat julukan green company.

Berkaitan dengan isu lingkungan, Deka Marketing Research bekerjasama dengan Globe Scan International secara rutin telah melakukan survei mengenai tanggung jawab perusahaan secara sosial maupun lingkungan. Survei yang melibatkan 1.000 responden ini dilakukan di 5 kota besar, yaitu: Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan. Survei tersebut mengungkap seberapa besar kepedulian konsumen terhadap isu lingkungan.

Jika merujuk hasil riset yang dilakukan Deka Marketing Research pada akhir tahun 2006, kepedulian konsumen terhadap isu lingkungan saat ini tergolong tinggi. Tercatat 61,8% responden yang disurvei menyatakan sangat peduli dengan isu lingkungan. Sedangkan 37,3% responden lainnya menyatakan cukup peduli. Jadi hampir semua responden  peduli dengan isu lingkungan. Kemudian, sebagian dari mereka (hampir 40%) juga menganggap polusi lingkungan sudah merupakan masalah besar di mana hanya sedikit yang bisa dilakukan orang secara individual.

Hasil survei juga menunjukkan, konsumen pun sudah melakukan tindakan riil bagi perusahaan yang tidak peduli terhadap lingkungan. Aksi konsumen yang menolak produk atau merek tertentu karena alasan yang berkaitan dengan lingkungan hidup sudah cukup banyak, yakni sekitar 26%. Jumlah ini bisa jadi bertambah besar untuk di masa depan. Sebab, banyak juga dari mereka yang bersikap mempertimbangkan untuk melakukan penolakan (27%), jika sebuah perusahaan ketahuan tidak peduli dengan lingkungan.

Di samping itu, konsumen rela membayar 10% lebih mahal untuk suatu produk yang diproduksi dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial maupun lingkungan. Ini tercermin oleh 32,2% responden yang sangat setuju terhadap pernyataan itu. Sedangkan responden yang agak setuju dengan pernyataan tersebut berjumlah 41,5%.

Sayangnya, kepedulian konsumen yang tinggi terhadap lingkungan ini belum banyak direspon oleh perusahaan Indonesia. Kebakaran hutan yang sering terjadi akibat ulah perusahaan yang sembarangan membuka hutan serta pencemaran udara, sungai, pantai akibat limbah industri, merupakan bukti bahwa masih banyak perusahaan yang belum peduli dengan lingkungan.

Kendati demikian, jika melihat hasil survei ini, tren isu lingkungan di sektor industri akan semakin menguat. Penilaian terhadap sebuah perusahaan sekarang ini tidak hanya dilihat dari performa keuangannya saja, aktivitas perusahaan dalam menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR) juga sering kali diperhatikan. (Anang Ghozali)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top