Tipe Manusia yang Harus Marketers Ketahui

LarunoSaat saya belajar dan terus belajar ilmu berjualan, marketing serta membaca prilaku manusia yang saya dapatkan ketika berjualan. Ternyata memang benar, tidak hanya dalam marketing tipe-tipe yang akan saya bahas ini adalah faktor manusia dalam mengambil keputusan ketika di hadapkan dalam situasi tertentu, misalnya mengambil keputusan membeli (contoh dalam dunia marketing)

Apakah ini penting untuk kamu? Setelah saya ajarkan ini kepada peserta dan murid-murid saya, penjualan dan closing rate mereka meningkat, karena memenuhi tipe-tipe manusia ini. Misalnya kamu seseorang yang berjualan one-on-one (agen properti, agen asuransi, dll). Sehingga kamu harus tahu tipe-tipe manusia dalam mengambil sebuah keputusan.

Pelajari dan maksimalkan 2 dari 3 tipe maka penjualan kamu akan meningkat (saya doakan), yaitu :

1. Tipe Referensi (Ini yg paling utama)
Tipe Referensi adalah tipe yang di mana manusia mengambil keputusan dengan melihat orang lain terlebih dahulu. Atau kamu mengambil keputusan dari hasil orang yang terbanyak pilih. Ini sudah dipraktekan oleh online shop dengan membuatkan fitur review untuk memberikan penilaian terhadap produk tersebut hingga menjadi penilaian tersendiri untuk pembeli lainnya.
Contoh lainnya adalah membuka angket terhadap produk / jasa yang bisa kamu berikan kepada calon pembeli

2. Tipe Data (Ini yg biasanya orang intelektual)

Tipe di mana seseorang mengambil keputusan menggunakan angka- angka.
Misalnya saja Anda mengambil keputusan dari hasil angka yang didapat pada survei yang Anda adakan atau yang sudah diadakan (Hasil Angkanya).

3. Tipe Diri Sendiri (Ini yg paling sulit dipengaruhi)

Tipe Diri Sendiri bisa dibilang adalah Tipe yang paling sulit. Karena dia membeli berdasarkan dari diri sendiri, keputusan diri sendiri dari logika atau perasaanya. Setelah saya pelajari lebih dalalm ada ara mengatasi orang yang bertipe Ddiri sendiri adalah dengan memberikan keleluasaan kepada orang tersebut untuk memilih sehingga orang tersebut bisa memaksimalkan keputusan dalam otaknya

Namun banyak diantara banyak tipe ini, orang cenderung adalah Tipe Referensi dan Diri Sendiri, ketika mencari produk dan jasa akan tanya-tanya orang-orang sekitar untuk mencari referensi. Tipe diri sendiri adalah orang yang sesuai dengan nalurinya, Anda harus memiliki skill berbicara yang baik untuk manusia dengan tipe seperti ini.
Dengan seperti ini Anda akan lebih kena target market Anda. Pelajari juga 5P dalam marketing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.