Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Usung Strategi Simply Memorable

Jika pada tahun 2016 lalu, Asuransi Astra mengusung strategi Going to Mobile, yakni mengembangkan pelayanan berbasis digital dengan tujuan agar pelanggan dapat mengakses layanan dengan mudah dan cepat, maka tahun 2017 Asuransi Astra berkomitmen untuk memberikan layanan dengan lebih personal yang kemudian dijadikan sebagai strategi perusahaan di tahun ini, yaitu simply memorable. Strategi ini tentunya merupakan kelanjutan dari strategi Going to Mobile.

Asuransi Astra

CEO Asuransi Astra, Rudy, menjelaskan tentang pencapaian Asuransi Astra dan strategi ‘simply memorable’ tahun 2017 kepada para awak media.

Rudy Chen, CEO Asuransi Astra, dalam paparan presentasinya pada acara Media Gathering di Sumbawa Besar pada 31 Agustus 2017 lalu mengatakan, “Dirumuskannya simply memorable sebagai suatu strategi bukanlah proses yang instan. Karena seluruh konsep layanan yang dimaksud dengan simply memorable  ini kami rumuskan dari suara pelanggan-pelanggan kami.”

Fakta mengenai kecenderungan pelanggan yang menginginkan layanan secara lebih personal ini didapatkan melalui survei evaluasi layanan Asuransi Astra dengan pelanggan dari seluruh pusat layanan Asuransi Astra baik kantor cabang maupun Garda Center sebagai respondennya. Dari hasil survei itu pula didapatkan standar-standar yang menurut pelanggan penting untuk diperhatikan dan dipenuhi oleh seluruh tim Asuransi Astra agar layanan yang diberikan dapat senantiasa memuaskan.

Selain diimplementasikan menjadi standar layanan baru yang merupakan bagian dari bisnis utama Asuransi Astra itu sendiri, menurut Rudy, strategi simply memorable  juga perlu diimplementasikan dalam bantuk aktivasi yang sifatnya non bisnis. “Sesuai dengan visi kami, bring peace of mind to millions. Millions  yang kami maksudkan di sini tidak kami batasi hanya pelanggan yang menggunakan produk kami, masyarakat sekitar pun sebenarnya adalah bagian dari pelanggan kami. Untuk itu, agar visi kami dapat tercapai seutuhnya tentu kedua aspek ini, bisnis dan non bisnis harus mampu berjalan beriringan dengan seimbang,” katanya.

Sebagai implementasi strategi simply memorable  untuk segmen non bisnis, bulan Ramadan lalu Asuransi Astra mengadakan kampanye sosial #BerkahSenyum, sebuah kampanye yang mengajak masyarakat untuk mengunggah foto senyum ke akun Instagram. Untuk setiap foto yang diunggah, Asuransi Astra akan mengonversikannya menjadi paket bantuan yang akan diberikan pada manula yang tinggal di panti wreda.

Sebulan berjalan, terhitung dari 22 Mei hingga 19 Juni 2017, berkat dukungan masyarakat Asuransi Astra telah dapat memberikan paket bantuan pada 5.012 manula yang tinggal di 68 panti wreda yang berada di 23 kota cabang Asuransi Astra. Melalui kampanye sosial #BerkahSenyum, Asuransi Astra ingin memberikan pengalaman pada masyarakat bahwa berbagi kebahagiaan bukanlah suatu hal yang rumit, dengan hal sesederhana senyuman, masyarakat sudah bisa memberikan paket bantuan pada para manula di panti wreda.

Langkah mantap di tahun 2017

Strategi yang diusung perusahaan ini telah memantabkan langkah kinerja Asuransi Astra di tahun 2017. Hingga bulan Juni tahun ini, perusahaan mencatatkan perolehan premi bruto konvensional sebesar Rp 2 triluin. Kinerja ini mengalami pertumbuhan sebesar 11 persen dibanding periode yang sama tahun 2016.

Kesuksesan strategi simply memorable ini juga telah diakui dengan diraihnya berbagai penghargaan sepanjang Januari hingga Juli 2017, seperti Top Brand Award, Excellent Service Experience Award, Contact Center Award, Customer Loyalty Award, dan penghargaan lainnya. (*)

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top