Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Pusat Perekonomian Baru di Timur Jakarta

Meski sering mendapat perundungan, Bekasi kini tengah menjadi primadona para pemburu properti. Ada banyak faktor yang mendorong perkembangan Bekasi, selain karena lokasi terdekat dengan Jakarta, Bekasi juga menjadi wilayah strategis yang masuk dalam proyek pemerintah berskala nasional. Baca: Sering Kena Bully, Ini Potensi Bekasi

Kecamatan Cibitung merupakan satu dari beberapa kawasan yang ada di Bekasi yang saat ini tengah menjadi sorotan investor. Cibitung sendiri termasuk wilayah dengan pengelolaan industri terbesar di Asia Tenggara.

Pengembangan yang dilakukan secara besar-besaran di kawasan Cibitung terlihat pada rencana strategis Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun Pemerintah Kabupaten Bekasi yang kini sedang mempersiapkan proyek infrastruktur terbesar yang pernah ada, di antaranya transportasi massal Light Rail Transit (LRT) rute Cawang-Bekasi, Mass Rapid Transit (MRT) rute Tangerang-Bekasi dan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Pembangunan ruas Toll JORR 2 yang akan melingkari Jakarta bagian luar menghubungkannya dengan sejumlah lokasi seperti Tangerang, Bintaro, Depok hingga Bekasi serta proyek jalan Toll Jakarta-Cikampek II (elevated). Pembangunan proyek 2 bandar udara bertaraf internasional yang akan dibangun di daerah Kertajati dan Karawang, dan pembangunan pelabuhan Patimban di Subang. Semua proyek tersebut direncanakan akan rampung dalam beberapa tahun ke depan. Sehingga, nilai investasi properti di Cibitung akan terus meningkat.

Imbas dari banyaknya kegiatan industri di Cibitung menjadikan wilayah ini memiliki kebutuhan hunian yang sangat tinggi namun belum terakomodasi dengan baik.

Menjawab tingginya angka permintaan hunian, grup pengembang properti PT Sirius Surya Sentosa (SSS) akan membangun kawasan superblok bernama Vasanta Innopark dengan konsep Integrated City Eithin a City, kental dengan nuansa Jepang.

Selain lokasinya yang sangat strategis dan didukung dengan infrastruktur yang memadai, Vasanta Innopark memiliki kelebihan lain,  yaitu Multilayer Park pertama di Indonesia dengan luas berkisar 2 hektar yang dapat menghubungkan seluruh fasilitas sehingga memudahkan setiap orang untuk berinteraksi dan berpindah dari satu fasilitas ke fasilitas lainnya melalui taman-taman di dalamnya.

Selain Multilayer Park, Vasanta Innopark juga dilengkapi dengan fasilitas yang tergabung dalam 28-In-1 Integrated Facilities dan Amenities. Yang membedakan Vasanta Innopark dengan hunian lainnya yaitu terdapat, Children Theme Park, Onsen, Outdoor Community Centre, Sky Lounge dan masih banyak lagi.

Proyek komersial terintegrasi dengan total luas keseluruhan mencapai 100 hektar ini akan dimulai dengan pengembangan tahap awal atau fase pertama dengan luas kurang lebih 12 hektar. Fase pertama akan dibangun di dalamnya 17 tower terdiri dari Apartment, Serviced-Apartment, Condominium, Mall, Shop Houses, Office Tower, dan 4 Star Premier Hotel.

Fasilitas lainnya yang telah tergabung lebih dulu antara lain, Rumah Sakit Graha MM2100, Hotel Enso dan Institut Teknologi Bandung atau yang lebih dikenal dengan ITB Technopark.

Reggy Widjaya, Presiden Direktur PT Sirius Surya Sentosa mengatakan proyek tahap pertama ini pihaknya telah menyiapkan dana sekitar Rp20triliun. Untuk proses pembangunannya sendiri akan dimulai pada awal 2018 mendatang dengan membangun proyek apartemen dan direncanakan rampung pada 2020.

“Apartemen Vasanta Innopark nantinya akan dipasarkan pada akhir 2017 dengan harga mulai dari Rp270 juta per unit termasuk PPN,” terang Reggy.

Menurut Reggy, perkembangan Bekasi yang semakin pesat setiap tahunnya merupakan salah satu alasan menggarap Vasanta Innopark. Hasil riset menunjukkan, permintaan hunian bertingkat atau apartemen di Bekasi masih tetap tinggi.

“Potensi untuk pembeli mendapatkan keuntungan (capital gain) lebih besar mengingat kawasan koridor timur Jakarta memiliki keunggulan akses dan pengembangan infrastruktur dibandingkan koridor kawasan lainnya, sangat sesuai untuk mereka yang ingin tinggal maupun berinvetasi,” katanya.

Berada di lokasi paling strategis di wilayahnya, memiliki kelengkapan fasilitas, dukungan sarana pendidikan serta infrastruktur yang semakin baik, Vasanta Innopark diprediksi akan menjadi pusat perekonomian baru di Timur Jakarta dengan nilai investasi yang cukup pesat dan berkelanjutan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top