10 “Dosa” yang Bisa Hancurkan Kemitraan Anda

0
1676
5 Cara Mudah Membangun Kerjasama Tim di Tempat Kerja

Marketing.co.id – Bagi bisnis kecil, sebuah aliansi dan kemitraan bisa menjadi sebuah jalur penting bagi pertumbuhan bisnis mereka, sehingga belajar bagaimana cara membina hubungan tersebut sangatlah penting.

Dalam bukunya, Paid to Think: A Leader’s Toolkit for Redefining Your Future, penulis David Goldsmith dan istrinya, Lorrie Goldsmith, pada satu bagian, memusatkan perhatian pada pentingnya aliansi, dan memperlihatkan 10 “dosa” yang dapat menyebabkan sebuah aliansi gagal.

Dalam banyak kasus, kegagalan itu terjadi akibat tidak adanya profesionalisme, kepedulian, kejujuran, serta  rasa takut. Kuncinya, kita harus menyadari sifat-sifat negatif dan cara mengatasinya.

Berikut sepuluh “dosa” yang bisa merusak aliansi Anda:

1. Ketidakpastian

Keraguan tentang kinerja dan kemampuan kedua belah pihak akan menyebabkan keretakan dalam suatu hubungan.

2. Apatis

Sikap acuh tak acuh mendorong anggota tim mengabaikan tanggung jawab dan pekerjaan penting yang membutuhkan perhatian.

3. Khayalan

Entah disebabkan oleh arogansi, rasa takut, atau ketidaktahuan, kita kadangkala hanya melihat apa yang ingin kita lihat.

4. Janji yang Berlebihan

Janji berlebihan mengenai tenggat waktu, biaya, jangkauan, dan sebagainya, hanya akan menyebabkan kekecewaan antar peserta aliansi di kemudian hari.

5. Mengutamakan Kesukuan

Untuk sukses di tingkat global, kita harus bisa menyesuaikan diri pada pandangan dunia yang mencakup keragaman budaya.

6. Ketidaksesuaian

Aliansi bisa menjadi rusak jika tidak tercapai kesesuaian mengenai batas waktu, pilihan komunikasi, metode kerja sama, dan sebagainya di awal. Hal ini perlu untuk memastikan semua orang yang terlibat  berjalan selaras sebelum bergerak maju.

7. Mementingkan diri sendiri

Anda tidak harus menjadi arogan, membela diri, atau putus asa ketika membutuhkan sesuatu untuk mendapat persetujuan. Faktor manusia seperti keserakahan ini akan merusak upaya bisnis terbaik Anda.

8. Kecerobohan

Mengoreksi, memeriksa kembali, dan menunjukkan perhatian terhadap setiap detail yang sedang dibicarakan akan memperlihatkan sikap profesionalisme tim Anda.

9. Ketidaktahuan

Pengetahuan dan keterampilan mungkin tidak akan memberikan tim Anda semua jawaban, namun mereka akan membantu Anda menemukan informasi penting kapanpun dibutuhkan.

10. Tipu daya

Jika mitra aliansi menemukan setiap upaya untuk sengaja berbohong atau menipu, kepercayaan akan hilang untuk selamanya. (www.baselinemag.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.