Marketingcoid – Ramadan selalu menjadi momen penting bagi merek untuk melakukan berbagai aktivasi atau kampanye melalui media sosial, salah satunya lewat Twitter.
Sebagai platform untuk melakukan live conversation, Twitter menjadi pilihan bagi merek untuk melakukan berbagai aktivasi dan kegiatan promosi selama Ramadan.
Nah, baru-baru ini Twitter menganalisa percakapan yang dilakukan berbagai merek dan mengeluarkan #BrandIndexRamadan.
Index ini mengukur nilai rata-rata dari total Twitter engagement yang diperoleh merek setiap minggunya. Berikut 10 merek dengan engagement tertinggi selama Ramadan.
BNI
Setiap hari selama Ramadan BNI selalu menerbitkan #BNIQuotes lewat akun Twitter nya @BNI. Kutipan-kutipan yang di-tweet selalu terkait dengan bulan Ramadan, puasa, dan Islam.
Tweet dengan engagement tertinggi adalah tweet yang mengingatkan umat Muslim untuk juga menghormati sesama yang tidak berpuasa.
IM3 Ooredoo
Melalui akun Twitter-nya @IM3Ooredoo, IM3 mengadakan #SilaturahmiUnlimited pada saat sahur dan berbuka puasa setiap harinya. Mereka memberikan pertanyaan kepada followers terkait dengan pengalaman selama bulan Ramadan.
Selain itu, mereka juga mengajak followers untuk berbagi kutipan-kutipan inspiratif. Kutipan paling unik akan ditulis dengan Lettering Artworks.
OLX Indonesia
OLX Indonesia menjadi satu-satunya brand dari industri e-commerce yang masuk ke dalam #BrandIndexRamadan Twitter.
Melalui akun Twitternya @OLX_Indonesia, OLX mengadakan kuis #BerkahSahur setiap hari selama Ramadan. Para pesertanya berkesempatan memperoleh kaos OLX apabila mereka dapat menjawab pertanyaan dengan benar sebelum jam 5 pagi.
Telkomsel
@Telkomsel mengadakan kuis #TebakanTsel untuk menanyakan kepada followers nama Masjid yang terlihat di gambar yang mereka tweet. Sebanyak 15 pemenangnya akan menerima pulsa ponsel dan kredit Tcash.
XL Axiata
XL Axiata melalui akun Twitter nya @XL123 aktif melakukan promosi untuk paket Combo XTRA, kuota XTRA 4G, serta gratis paket telpon Yonder Music ke semua operator. Mereka mengadakan promosi serta kuis dengan tagar #HidupXtra dan tetap mengaitkannya dengan bulan Ramadan.
Garuda Indonesia
@IndonesiaGaruda menggunakan momen pulang kampung untuk menanyakan kepada followers preferensi mereka saat melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman: membawa koper atau ransel. Mereka juga memberikan berbagai tips untuk menjadikan perjalanan pulang mereka lebih mudah dan nyaman.
Honda
Selama Ramadan, Honda secara aktif mengadakan kuis bagi followers-nya dengan tagar #SatuHatiRamadhan dan #SHRQuiz. Kuis yang diadakan pun tidak selalu berkaitan dengan Ramadan, tapi juga dengan hal-hal seru lainnya seperti #EURO2016.
Samsung
Untuk merayakan Hari Raya Idulfitri, Samsung mengadakan promosi khusus untuk produk andalan mereka dengan menawarkan es krim Häagen-Dazs bagi para pengguna S7, apabila mereka membelinya dengan menggunakan poin dari Galaxy Gift App.
Halo BCA
@HaloBCA menginformasikan mengenai layanan konsumen 24 jam guna membuat konsumen lebih nyaman selama periode libur Hari Raya. Layanan konsumen ini dapat dihubungi melalui telepon, layanan internet, hingga media sosial.
BRI
Pulang ke kampung halaman atau mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia di akhir bulan Ramadan. BRI mengadakan promosi gabungan dengan Garuda Indonesia untuk memberikan kesempatan kepada konsumen mereka memenangkan tiket gratis ke enam kota. Konsumen hanya perlu mengikuti kuis #GratisTerbangMudik dan mention akun @promo_BRI.