10 Resolusi Tahun Baru bagi Para Pebisnis

0
2228

Marketing.co.id – Menjelang akhir tahun dan menyongsong tahun baru merupakan kesempatan bagi para pebisnis untuk  memperbaiki kinerja pada tahun kemarin.

Sudah selayaknya para pebisnis mengevaluasi hasil kerja  tahun lalu dan membulatkan tekad agar bisnis yang dijalankan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Berikut ada 10 resolusi  tahun baru bagi para pebisnis agar bisnisnya tetap maju dan berkembang.

1. Mengembangkan rencana bisnis

Mengembangkan rencana bisnis adalah faktor penting untuk menciptakan bisnis yang sukses. Rencana bisnis merupakan gambaran dan analisa suatu bisnis agar bisa berjalan, serta memberikan informasi terperinci tentang tujuan jangka pendek maupun jangka panjang pada bisnis tersebut.

Sebuah rencana bisnis jika dikembangkan dengan benar akan meningkatkan kesempatan untuk menemukan investor,  sekaligus dapat menjadi panduan yang efektif untuk menjaga agar bisnis  selalu berada di jalur yan g benar.

2. Selalu mempromosikan bisnis Anda

Promosi merupakan strategi kesuksesan sebuah bisnis. Banyak cara untuk mempromosikan bisnis Anda kepada pelanggan, baik lewat media sosial maupun yang lainnya. Jangan pernah bosan untuk mempromosikan bisnis Anda.

3. Menyamakan visi dan misi

Percakah Anda bahwa kesamaan visi dan misi seluruh stakeholder , termasuk karyawan menjadi faktor penting kesuksesan sebuah bisnis? Well, percayalah. Kesamaan visi dan misi antar pemilik bisnis dengan karyawan akan membuat langkah keduanya menjadi seirama. Dengan begitu bisnis dapat melangkah maju dengan mantap.

4. Survei pelanggan dan pemasok Anda

Salah satu tujuan  melakukan survei terhadap pelanggan dan pemasok adalah agar Anda mengetahui  seberapa besar keloyalan mereka terhadap Anda dan apa kelebihan dan kekurangan Anda di mata mereka.

5. Mengatur kinerja dalam bisnis

Menjalankan bisnis tidak hanya menerima laporan dari para karyawan. Sebaiknya Anda mengetahui kinerja bisnis tersebut setiap bulannya dan siap mengambil tindakan jika terjadi sesuatu yang merugikan.

6. Melakukan audit kepatuhan SDM

Melakukan audit kepatuhan terhadapa sumber daya manusia  perusahaan adalah salah satu syarat agar bisnis dapat berjalan. Hal ini untuk mencegah masalah yang dapat mengakibatkan tuntutan hukum dari para karyawan.

7. Harus mengetahui 10 pelanggan terbaik

Setiap pebisnis harus mengetahui 10 pelanggan terbaiknya, lakukan apa saja untuk mempererat hubungan yang  sudah terjalin tersebut. Mereka sudah loyal kepada Anda dan sebaiknya Anda juga memberikan yang terbaik buat mereka.

8. Bergabung dengan kelompok pendukung bisnis

Bergabung dengan kelompok pendukung bisnis akan membantu Anda dalam membangun sebuah bisnis yang mapan.

9.  Berikan penghargaan kepada karyawan terbaik

Memberi penghargaan kepada karyawan terbaik merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja seluruh karyawan. Ini juga upaya perusahaan untuk memotivasi para karyawan agar berlomba-lomba menjadi yang terbaik.

10. Membuat daftar prestasi  setiap tahun dan jika berhasil rayakan bersama karyawan

Setiap bisnis harus punya target yang ingin dicapai setiap tahunnya. Jika target tersebut tercapai, tidak ada salahnya bila Anda merayakan dengan seluruh karyawan. Perlu diketahui keberhasilan itu bisa dicapai manakala semua komponen, baik itu karyawan maupun pemiliknya bersatu menuju pintu kesuksesan. (Powerhomebiz/ HN)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.