Tips Jitu Mempertahankan Karyawan Terbaik

1
8615
karyawan bahagia

masalah finansialMarketing.co.id – Berita Lifestyle | Saat ini bajak-membajak karyawan sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan. Namun, jika karyawan yang dibajak atau pindah adalah karyawan yang penting bagi perusahaan atau karyawan terbaik Anda, maka produktivitas perusahaan bisa terancam.

Bisanya, kepindahan mereka diming-imingi gaji yang jauh lebih besar, remunisasi yang lebih baik, atau pekerjaan baru yang mereka pilih jauh lebih sesuai denga napa yang menjadi keinginan mereka.

Karyawan yang memiliki niatan untuk pindah juga bisa jadi karena mereka menginginkan kesempatan yang lebih baik, atau ingin menghindari tekanan yang negatif. Misalnya ada konflik dengan rekan kerja, konfrontasi dengan atasan, pekerjaan yang terlalu membebani fisik dan psikis pekerja atau malah kurang menantang, sampai membosankan.

Menurut ASEAN Growt & Scale ‘Talent Playbook” yang diluncurkan Alpha JWC Ventures, Kearney, dan GRIT, ada 3 tantangan utama dalam mempertahankan karyawan, yaitu kompensasi, ketidakcocokan antara keterampilan dan pengalaman, serta persepsi akan perusahaan sebagai tempat yang sesuai untuk mengembangkan diri (employer branding).

Namun, ada baiknya Anda menjadikan setiap pengunduran diri karyawan sebagai kesempatan untuk membetahkan dan memperbaiki semangat kerja karyawan. Buatlah sebuah wawancara dengan karyawan yang telah mengundurkan diri karena biasanya mereka akan berkata lebih jujur tentang alasannya mengundurkan diri. Mereka sudah tidak ada lagi ikatan finansial alias bebas.

Kemudian, Anda dapat menggunakan segala informasi yang didapat dari wawancara tersebut untuk mengurangi laju pengunduran diri karyawan dan menciptakan suasana kerja yang lebih menggairahkan.

Anne Bruce dalam bukunya “Rahasia Tempat Kerja Penuh Semangat dan Menyenangkan” memberikan saran untuk mempertahankan karyawan.

Berikut 10 tips mempertahankan karyawan terbaik Anda:

  • Perlakukan karyawan Anda layaknya partner.
  • Utarakan tujuan dan harapan Anda dengan jelas.
  • Utamakan pengembangan kinerja para karyawan, bukan pengawasan terhadap mereka
  • Berdayakan karyawan Anda, dan berikan kepercayaan kepada mereka
  • Luangkan waktu untuk mengenali kebutuhan manusiawi karyawan Anda.
  • Berinvestasilah untuk karyawan Anda dan dan rangsanglah perkembangan personal dan ptofesional mereka.
  • Hargai partisipasi, ide-ide, dan pendekatan-pendekatan karyawan.
  • Hargailah kesalahan dengan menoleransi kesalahan dan eksperimen-eksperimen intelektual.
  • Pertahankan suasana kerja yang menyenangkan.
  • Aktifkan mekanisme penghargaan kerja karyawan.

 

1 COMMENT

  1. Nice artikel memang bagi seorang pengusaha maupun pemimpin perusahaan kehilangan pekerja terbaik tentu menjadi sebuah masalah yang cukup serius, apalagi jika ia adalah seorang karyawan yang sangat wajib dipertahankan karena kemampuannya mampu berperan aktif dalam mempertahankan perusahaan di tengah persaingan

    http://www.prodonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.