#100ribuSejutaPeluang, Berhasil Cetak Satu Juta ‘CEO’ UMKM Baru

0
556

Marketing.co.id – Berita Financial Services | PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) yang berfokus pada penyaluran modal usaha bagi UMKM berhasil mempertahankan kualitas pinjaman yang sangat baik dibuktikan dengan peroleh NPL stabil di bawah 0,5% sejak Juni 2020. Atas pencapaian ini, Amartha akhirnya meluncurkan kampanye #100ribuSejutaPeluang, sebuah kampanye yang berisi ajakan kepada milenial untuk mendukung UMKM perempuan lewat pendanaan di Amartha.
Amartha sendiri telah menyediakan fitur crowdfunding yang memungkinkan pendana memberi modal usaha mulai dari Rp 100.000 kepada mitra UMKM. Fitur crowdfunding sudah tersedia di aplikasi Amartha sejak akhir tahun 2021 lalu. Dikarenakan antusiasme pendana ritel, pendanaan untuk mitra UMKM, akhirnya bisa tersalurkan 2x lipat lebih cepat.

Andi Taufan Garuda Putra, Founder dan CEO Amartha (kiri atas). Foto: Tangkapan layar.

“Terima kasih kepada seluruh pendana yang telah menyediakan permodalan bagi satu juta mitra Amartha. Pencapaian ini bukanlah akhir perjalanan melainkan permulaan bagi kami untuk terus menjangkau jutaan pengusaha UMKM lainnya. Kami tetap membutuhkan dukungan masyarakat agar tercapai kolaborasi yang lebih masif untuk pertumbuhan UMKM perempuan di Indonesia,” ujar Andi Taufan Garuda Putra selaku Founder dan CEO Amartha melalui pertemuan virtual dengan awak media pada Rabu (09/03/22).
Senada dengan Andi, ditambahkan oleh Aria Widyanto selaku Chief Risk & Sustainability Officer Amartha bahwa berdasarkan riset internal yang dilakukan Amartha, dampak kesejahteraan tidak hanya dirasakan oleh mitra saja tetapi jua oleh keluarga dan komunitas di sekitarnya. Sebanyak 30% mitra Amartha telah mampu menciptakan lapangan kerja informal di desa.
Transformasi digital menjadi salah satu kunci bagi microfinance untuk mempercepat penyaluran modal usaha ke UMKM. Microfinance seperti Amartha, memiliki akses untuk melakukan digitalisasi di kalangan pelaku usaha UMKM, sehingga transformasi digital tidak hanya dioptimalkan dari sisi pendana saja, tetapi juga para mitra pelaku usaha mikro. Misalnya dengan mengadopsi sistem administrasi yang serba digital hingga pemanfaatan kanal daring untuk mengembangkan usaha.
“Amartha mengucapkan terima kasih atas kolaborasi yang baik dengan mitra perbankan, seperti Bank Mandiri, BRI, Permata Bank, Bank Ganesha, Mandiri Tunas Finance, Mandiri Taspen, Indosurya, dan segenap rekan perbankan dari BPD dan BPR, atas partisipasinya dalam menyalurkan permodalan bagi UMKM lewat Amartha,” tutup Andi.
Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.