Melakukan penelitian untuk menemukan lebih banyak pelanggan dan menargetkan audience baru tidak hanya membuat bisnis tumbuh pesat, namun juga dapat mendorong ke tingkat yang baru – tentu saja bila dilakukan dengan benar.
Keberhasilan Anda melakukan konversi terhadap klien baru tak seharusnya dibatasi waktu. Artinya hubungan baru antar pelanggan dan perusahaan tidak harus berakhir setelah transaksi selesai dilakukan. Hal ini karena komponen yang sangat penting dari setiap rencana pemasaran adalah retensi pelanggan, dan mengubah pembeli baru menjadi pelanggan berulang.
Dengan pendekatan yang tepat, orang-orang yang dulunya skeptis mencoba produk Anda bisa berubah menjadi brand ambassador terbesar dan membawa pelanggan baru bagi Anda. Pertanyaannya adalah apa tips terbaik guna meningkatkan loyalitas pelanggan?
Berikut strategi meningkatkan loyalitas pelanggan seperti kami kutip dari smallbiztrends.com:
Berikan lebih dari yang diharapkan
Pertama dan terpenting adalah memenuhi kebutuhan pelanggan. Kemudian susun strategi dan berikan layanan yang lebih baik. Entah itu memberikan pengiriman yang lebih cepat dari waktu yang ditentukan, memberikan bonus kejutan atau menyenangkan mereka dengan fitur baru yang keren.
Perlakukan mereka seperti Anda ingin diperlakukan mereka
Berdayakan karyawan untuk membantu pelanggan. Dukung dialog dan pemecahan masalah yang intuitif. Pelanggan ingin diperlakukan seperti manusia, bukan angka penjualan.
Transparan
Jika berbuat salah, cobalah mengakuinya secara terbuka dan mempertanggungjawabkannya. Tampilkan keinginan yang tulus untuk memperbaiki masalah – bahkan jika Anda sudah melakukan sesuatu yang besar atau benar dalam melayani mereka. Pelanggan sangat menghargainya.
Mengasihi dan menerima mereka
Seperti yang dikatan Gary Vaynerchuk dalam bukunya, The Thank You Economy, Anda perlu “Shock and awe” pelanggan terbaik. Itu artinya Anda memberikan omong kosong dan menghadiahi mereka tanpa alasan tertentu. Misalnya, dengan memberikan ucapan selamat ulang tahun?
Pelanggan loyal jika Anda juga loyal
Jika ingin pelanggan setia, jangan lupa untuk setia kepada mereka. Fokuslah pada pelanggan inti. Karena mereka akan selalu bersama Anda dalam situasi apapun. Buatlah mereka senang, loyalitas di ganjar dengan loyalitas juga.
Membangun hubungan yang lebih luas dengan klien
Jika Anda berbicara dengan pelanggan hanya ketika mereka melakukan pembelian atau pembayaran, Anda tidak akan menjadi favorit mereka. Maka dari itu, buatlah hubungan yang lebih luas. Buatlah diri Anda seperti orang yang mereka cari. Sesuatu yang kecil seperti meneruskan sebuah artikel yang relevan cukup untuk menciptakan hubungan yang positif. Tapi tetap jaga visi Anda jauh ke depan guna melihat peluang yang lebih besar.
Tulus dan serius
Loyalitas pelanggan dibangun dan diperkuat dengan kejujuran. Namun lebih dari sebuah kejujuran itu adalah tentang ketulusan. Klien atau pelanggan tahu bahwa semua yang Anda katakan dan lakukan mencerminkan siapa Anda. Oleh karena itu, mereka tahu bahwa mereka dapat mempercayai Anda, dan itu yang membuat mereka setia.
Kirim pesan yang jelas
Seberapa besar artinya jika pendiri atau presiden salah satu vendor menelepon dan berbicara di telepon untuk menanyakan tentang bisnis dengan Anda. Jangan katakan Anda peduli, namun tunjukkan Anda bisa melakukannya. Angkat telepon dan buatlah lebih akrab/pribadi.
Beri penghargaan
Buat pelanggan merasa istimewa dengan pemberian penghargan dari loyalitas mereka. Misalnya ucapan terima kasih, tiket nonton, atau penawaran khusus, mereka pasti akan senang.
Usahakan mereka tetap tertarik
Cara terbaik untuk meningkatkan loyalitas adalah dengan menawarkan orang apa yang mereka ingin dan butuhkan.
Mendidik pelanggan
Anda dapat memberikan nilai yang besar dan mengembangkan loyalitas pelanggan yang kuat dengan cara meluangkan waktu Anda untuk mendidik mereka tentang apa yang mereka butuhkan. Tentukan apa yang ingin Anda komunikasikan kemudian mengatur jadwal untuk interaksi rutin guna menutup masalah yang penting bagi mereka.