2013, Tahun yang Menarik untuk Pasar Mobile.

Marketing.co.id – Kemajuan teknologi yang ditandai dengan terus meningkatnya penetrasi perangkat pintar dan peluang baru m-commerce, menjadikan 2013 sebagai tahun yang menarik untuk pasar mobile.

Tahun lalu, lalu lintas internet dari perangkat mobile melonjak tiga kali lipat dan pendapatan tahunan dari kombinasi mobile dan aplikasi mencapai US$ 19 miliar. Angka ini naik dari sebelumnya hanya US$ 15 miliar.

Angka yang menggiurkan, bukan? Tak heran, tahun ini diprediksi akan banyak bisnis kecil yang semakin mobile agar kompetitif.

Berikut empat tren mobile di 2013 dikutip www.ondeviceresearch.com:

Mobile only

Pada 2013 kita cenderung melihat adanya peningkatan jumlah orang yang mengakses internet melalui perangkat mobile mereka, baik itu dari tablet atau smartphone.

Tren ini sangat lazim terutama di pasar berkembang seperti Cina. Pengguna mobile web di negara tersebut terus meningkat. Bahkan untuk pertama kalinya mobile web berhasil melewati web PC.

Semakin terjangkaunya harga smartphone menjadi salah satu penyebab utama pertumbuhan ini. Hal ini membuka banyak kesempatan untuk m-commerce.

Pasar mobile di pasar negara maju juga cenderung meningkat, karena lebih mudah bagi orang untuk menggunakan internet dari ponsel mereka.

Perangkat pintar mengalami peningkatan

Perusahaan analis Gartner memperkirakan, jumlah perangkat pintar yang dijual tahun ini mencapai 1,2 miliar unit.

Penetrasi smartphone di Inggris dan Amerika Serikat kini telah menembus angka 50%. Tentunya tahun ini merupakan tahun yang menarik bagi mereka yang berkecimpung di ranah mobile, dan tahun yang menantang bagi mereka yang tidak.

Sebagian besar perangkat mobile yang dijual sekarang adalah smartphone. Pada September tahun lalu, jumlah smartphone yang digunakan secara global menembus angka satu miliar. Ada juga sejumlah tablet (murah) yang membanjiri pasar.

Perangkat pintar akan memiliki dampak signifikan terhadap cara konsumen menjalani kehidupan mereka. Cara mereka menonton hiburan, berbelanja, berkomunikasi, bahkan cara bekerja.

Bisnis dalam setiap industri haruslah menerapkan strategi mobile untuk beradaptasi dengan perilaku konsumen baru ini, atau setidaknya harus menjadi agenda besar mereka di 2013.

4G akan meningkatkan penggunaan perangkat

Tak semua orang di dunia memiliki akses ke 4G, namun 60% dari operator global akan meluncurkan layanan 4G pada akhir 2013. Hal ini akan mengakibatkan adanya peningkatan kecepatan download dan upload serta waktu respon yang lebih cepat, khususnya untuk layanan seperti video.

Membaiknya broadband mobile ini akan mendorong orang untuk lebih menggunakan perangkat mereka, khususnya ketika mereka berada di luar rumah dan jauh dari jangkauan Wi-Fi.

Pengguna akan dapat menonton video dengan mulus dan memiliki pengalaman belanja yang lebih baik yang akan mendorong mereka untuk melakukan transaksi mereka pada perangkat mobile mereka.

Peningkatan aktivitas m-commerce

Mobile commerce akan memasuki era pertumbuhan baru pada 2013. Pemicunya adalah penggunaan perangkat mobile yang terus meningkat oleh konsumen untuk pencarian, berbelanja, dan promosi.

Ada penghubung menarik antara m-commerce dan toko ritel fisik. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa 70% pengguna m-commerce menggunakan ponsel mereka di dalam toko, terutama untuk memeriksa harga dan juga mengirim gambar produk ke orang lain.

 Salah satu cara peritel mengakomodasi kebutuhan konsumen ini adalah dengan menawarkan Wi-Fi gratis. Penelitian terbaru dalam perilaku mobile di lingkungan ritel menemukan bahwa 38% pengguna mobile telah menggunakan Wi-Fi gratis yang disediakan toko, dan 78% akan menggunakan layanan ini jika ditawarkan.

Dengan menawarkan layanan ini tidak hanya akan meningkatkan pendapat konsumen dari toko, tetapi juga meningkatkan pengalaman pelanggan di dalam toko secara keseluruhan. Hal ini juga memberikan keyakinan bahwa mereka mendapatkan penawaran terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.