2014, Saat yang Tepat Untuk Investasi Properti

0
962
2014, Saat yang Tepat Investasi Properti
Photo by: startups.co.uk
2014, Saat yang Tepat Investasi Properti
Photo by: startups.co.uk

Kendati sudah banyak orang yang mulai sadar akan penghasilan yang diterima dari menjadi seorang entrepreneur, namun masih sedikit dari mereka yang ikut investasi properti. Selain membutuhkan dana yang cukup besar (meski bagi pemula sekalipun), investasi properti juga dinilai lebih cocok dilakoni oleh orang yang sudah mapan. Alhasil, hanya mereka yang tua saja yang investasi properti, padahal penghasilan yang didapat sangat menggiurkan.

Peluang bisnis properti masih sangat besar. Saat ini orang yang membutuhkan tempat tinggal masih jauh di atas ketersediaan tempat tinggal itu sendiri, sehingga selalu ada saja di antara mereka yang masih tidak kebagian.

“Di Jabotabek, dari sekitar 33 jumlah warga yang membutuhkan tempat tinggal, 15 juta diantaranya masih belum mendapatkannya. Ini membuktikan bahwa angka backlog (kebutuan lebih tinggi dari ketersediaan) masih cukup besar,” ungkap Panangian Simanungkalit, founder dari Panangian School of Property.

Siklus lima tahunan

Dalam bisnis properti, ada yang namanya siklus lima tahunan, yaitu siklus di mana waktu yang tepat untuk menanam uang dalam bentuk investasi properti, hingga saat panen tiba. Dan menurut Panangian, 2014 ini merupakan waktu yang tepat bagi siapa saja untuk menanam benihnya.

“Ada siklus lima tahunan, dimana 2014 ini merupakan awal dari siklus tersebut, dan juga merupakan saat yang tepat untuk investasi property,” terang Panangian.

Pria lulusan Universitas Sebelas Maret itu juga menambahkan bahwa pada tahun awal siklus (2014) para developer banyak yang sedang membangun properti, maka harga pada tahun tersebut masih jauh lebih murah dari tahun-tahun setelahnya. Sangat disarankan bagi mereka yang ingin berinvestasi.

Sedangkan pada tahun 2018 (akhir dari siklus lima tahunan) merupakan puncak dari harga properti. Pada waktu itulah barang properti pun disarankan untuk dijual. Hingga memasuki tahun 2019, harga properti diperkirakan kembali turun dan waktu yang tepat untuk investasi lagi, begitu seterusnya.

“Investasi properti merupakan cara untuk menambah pundi-pundi uang,” tegas Panangian lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.