Designer Muda dan Online Shop-nya

0
1652

www.marketing.co.id – Perlahan namun pasti, setahap demi setahap para designer muda Indonesia mulai menunjukan kebolehannya. Mencoba memenuhi kebutuhan masyarakat akan seni dan keindahan berbusana desain-desain tersebut memiliki kualitas yang tidak kalah dengan desain dari luar negeri. Mereka juga merintis usaha dari nol. Sebagian memulai usahanya dari online shop.

Siapa yang tidak kenal online shop? Tentu saja sebagian besar masyarakat mengetahui apa itu online shop. Online shop adalah sebuah bisnis berbasis teknologi  cyber yang memungkinkan dua buah pihak atau lebih dapat melakukan transaksi secara pasif. Teknik ini merupakan salah satu teknik yang tergolong low-cost dan terjangkau untuk para pemula di industri fashion.

 Pada dasarnya konsep online shop mendekatkan diri dengan konsumennya melalui sebuah cara efektif yang dapat memudahkan semua pihak. Konsumen hanya tinggal duduk memilih barangnya secara online dan menunggunya tiba di rumah, sedangkan para designer tersebut bisa segera menyiapkan barang-barang pesanan dan mengantarkannya ke konsumen-konsumennya.

 Online shop yang didirikan para desainer muda ini bukanlah sebuah bisnis murahan dengan produk-produk berkualitas rendah. Mereka menggunakan bahan-bahan berkualitas dan desain-desain orisinil yang tidak pasaran. Hal tersebut telah terbukti dengan naiknya sederet nama di sebuah festival tahunan berskala nasional.

 Beberapa designer muda dan bisnisnya:

Vou (www.voubygenadiguci.weebly.com)

Pendiri          : Gena Diguci

Wanita muda lulusan ESMOD Jakarta ini memunculkan sejumlah koleksi dengan desain out of the box. Dalam setiap desainnya terdapat keunikan tersendiri yang membuat setiap orang dapat mengenali karya-karyanya.

Cotton Ink (www.cottonink.com)

Pendiri          : Carline Darjanto dan Ria Sarwono

Dua desainer yang tergabung di sini membawakan tema “Global Sailor” pada koleksi yang mereka persembahkan di Jakarta Fashion Week 2012. Tema ini merupakan gabungan antara etnik heritage dengan modern.

UP (www.iwearup.com)

Pendiri          : Diana Rikasari

Brand sepatu wanita yang berdiri sejak Desember 2010 ini menawarkan berbagai desain wedges yang simpel namun stylish. Memiliki standar harga yang cukup terjangkau dan dengan membeli sepasang sepatu di UP Shoes berarti Anda telah menyumbangkan Rp 5.000 untuk biaya pendidikan anak dari keluarga tidak mampu.

Riots Barbie (www.riotsbarbie.blogspot.com)

Pendiri          : Sonia Erika

Diawali dari kecintaannya terhadap fashion, perempuan muda ini mencoba mengembangkan minatnya ke dunia bisnis. Baju, rok, celana, sepatu, bahkan kaca mata dirancang sedemikian rupa dengan harga yang cukup terjangkau.

Monstore (www.heymonstore.com)

Selain telah membuka sebuah toko, brand ini juga telah membuka online shop yang berkonsep sedikit gothic namun tetap stylish untuk laki-laki maupun perempuan. Brand ini juga merupakan satu dari sejumlah brand yang telah berkembang pesat dalam lima tahun.

Jane and Julia Shoes (www.janeandjulia.com)

Pendiri          : Jane dan Julia

Dua wanita Bandung ini awalnya mencoba membuat bisnis sepatu kecil-kecilan, namun ternyata berkembang dengan sangat pesat. Sepatu-sepatu karya mereka dibuat dengan desain simple, menarik, dan harga yang cukup terjangkau.

  Selain itu, ada pula sejumlah website yang mengumpulkan sejumlah merek dalam satu tempat. Dengan demikian konsumen cukup datang ke satu situs untuk memperoleh barang dari berbagai merek. Beberapa website tersebut diantaranya:

  1. Berrybenka (www.berrybenka.com)
  2. Local Brand (www.localbrand.co.id)
  3. Goods Dept (www.thegoodsdept.com)

Teknologi telah memperkecil jarak antara Anda dan dunia fashion. Buka dan segera kenali kreasi designer dalam negeri! (Karin Annisa Amalia)

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.