3 Aturan dasar untuk inovator

0
836

Menjadi inovator merupakan pekerjaan yang tak mudah dan harus memiliki prinsip seumur hidup yang mesti dijalani. Inc.com melalui website-nya telah merangkum tiga aturan dasar untuk tiap inovator yang ingin sukses dalam bidangnya.

Berikut tiga aturan dasar tersebut:

1. Jangan takut untuk menggantikan diri sendiri

Anda harus mau menaruh risiko pada bisnis Anda untuk melakukan hal yang baru. Inovator yang hebat adalah mereka yang mengganti produknya sebelum orang lain yang menggantinya.

Anda juga harus secara terus-menerus menanyakan pada diri Anda, bagaimana cara melampaui hasil yang sekarang. Selain tekun, terbukalah terhadap peluang. Selalu cari cara untuk mendapatkan produk yang lebih baik. Ambil risikonya.

iPod adalah contoh yang bagus dalam kasus ini. Setiap generasi secara tepat mengganti generasi yang lama. Selalu ada yang baru, sehingga yang lama layak ditinggalkan.

2. Jadilah kritikus yang kejam

Tugas Anda sebagai inovator adalah menghindari adanya cela pada produk yang baru, sekaligus mengeliminasinya pada setiap generasi. Jadilah kritikus yang paling kejam, seakan Anda adalah konsumen. Bicara mengenai apa yang kurang. Dengan begini, Anda tidak terus menerus tinggal dalam zona nyaman Anda.

Terus berjalan, jangan pernah tinggal dan merasa nyaman.

3. Marketing yang baik adalah segalanya

Bercerita tentang  produk Anda adalah bagian yang paling penting. Hadirkan packaging serta branding yang mendukung, sehingga Anda mampu mencapai tingkat dimana product marketability berada pada titik maksimal.

Produk yang mampu menghadirkan solusi apabila didesain secara baik dan atraktif, dengan sendirinya akan memenuhi kebutuhan konsumennya.

Estetika produk memang harus dijaga, tapi jangan sampai meninggalkan aspek lainnya. Website, serta hal-hal pendukung lain juga harus diperhatikan. Semuanya harus terasa seperti “keluarga” bagi konsumen.

Namun marketing bukanlah apa-apa apabila produk Anda tak bisa unjuk diri. Marketing tak semata-mata memberikan lipstik pada mulut babi.

Tunjukkan kepada konsumen mengapa dan bagaimana, kemudian biarkan mereka menentukannya sendiri.

 (Sumber: inc.com)

 

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.