3 Hal Penting Sebelum Meluncurkan Produk Baru

Anda memiliki sebuah produk yang hebat?  Lalu apa yang harus dilakukan untuk memastikan produk itu berjalan sukses di pasar?

cara meluncurkan produk baruApakah Anda sedang bersiap meluncurkan produk baru untuk pertama kalinya? Berikut tips dari para ahli mengenai faktor-faktor penting sebelum meluncurkan produk baru seperti dikutip americanexpress.com:

Tentukan apa yang pelanggan inginkan

Sebelummengembangkan atau meluncurkan produk baru, Anda harus melakukan penelitian yang cukup terlebih dahulu untuk memastikan memang ada tempat untuk produk Anda di pasar.

Mungkin produk yang Anda miliki revolusioner dan menakjubkan, tapi jika tidak ada yang bersedia membeli untuk apa, bukan?

Alexis Ohanian membahas masalah ini dalam bukunya Without Their Permission. Ia berulangkali menekankan pentingnya menciptakan sesuatu yang orang inginkan.

Lalu bagaimana membuat sesuatu yang benar-benar diinginkan? Menurutnya, mulailah dari masalah yang nyata. Misalnya Anda pasti pernah menemui produk atau jasa yang membuat frustasi atau jengkel. Kemudian tulislah masalah tersebut dan Anda akan menemukan sebuah bisnis dalam catatan tersebut.

Salah satu cara untuk memastikan produk Anda adalah yang benar-benar ingin dibeli atau digunakan orang adalah dengan menciptakan solusi untuk masalah umum yang membuat orang kecewa/frustasi.

Mary Kate McGrath, editor in chief PureWow, menyarankan agar pengusaha dan pelaku bisnis melakukan penelitian secara seksama sebelum meluncurkan produk baru.

Menurutnya, riset pasar harus dilakukan untuk memastikan produk memang layak untuk konsumen, bukan hanya ide keren yang Anda pikir akan berhasil. Setelah itu, pastikan memiliki sumber daya untuk menopang peluncuran produk baru setelah masuk ke pasar.

Lempar wacana ke publik

Mendapatkan liputan media merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan awareness produk. Pasalnya di luar sana produk Anda harus bersaing dengan ribuan produk baru yang diluncurkan setiap tahunnya. Anda harus memastikan produk Anda lebih menonjol, bukan?

Shannon Malone, direktur strategi Warby Parker, mengatakan untuk membuat orang tertarik (dan membicarakan) produk baru, ia mencoba mengembangkan sebuah cerita mengenai produk baru melalui sebuah diskusi. Untuk menciptakan sebuah percakapan, Anda bisa berkolaborasi dengan mitra yang menarik untuk membuat sebuah acara.

Entah Anda sedang berpikir untuk membuat sebuah konten yang memprovokasi atau menghibur, pastikan itu layak mendapatkan perhatian. Anda tak hanya mendapatkan liputan media, namun juga mendorong percakapan organik tentang merek Anda(word-of-mouth).

Transparansi

Dengan semakin banyaknya produk yang membanjiri pasar, konsumen harus membuat keputusan yang lebih sulit tentang di mana mereka harus membelanjakan uangnya. Salah satu cara untuk membuat konsumen tertarik adalah dengan menjadi transparan dan menunjukkan kepada mereka bahwa produk Anda adalah tempat yang tepat untuk membelanjakan uang mereka.

“Transparansi adalah kuci untuk mengubah yang tidak percaya. Kami mencoba komunikatif mengenai mengapa kami menawarkan produk tertentu, bahan apa yang digunakan, dan menekankan bahwa kami mendengarkan pelanggan” kata Malone.

Meluncurkan produk baru memang sulit. Prosesnya macam-macam tergantung apa yang sedang diciptakan. Namun, entah Anda sedang memproduksi barang fisik atau menawarkan jasa secara online, tips ini dapat membantu memastikan keberhasilan produk dan berpotensi membuat merek Anda lebih menarik bagi konsumen.

Lantas, apa yang Anda lakukan ketika meluncurkan produk baru? Beritahu pengalaman Anda dalam kolom komentar.

Editor: Wahid FZ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.