3 Hal Utama Yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memulai Hal Baru

0
715
karyawan bahagia

karyawan bahagiaMarketing.co.id – Berita Lifestyle | Situasi yang tidak menentu disertai perubahan yang begitu dinamis seperti sekarang ini kadang menimbulkan stres dan rasa jenuh.  Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengatasi keadaan tersebut, salah satunya adalah dengan menggali atau mencoba minat baru.
Hal ini juga turut dikemukakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang dalam publikasinya menyarankan masyarakat untuk memulai atau mengembangkan hobi yang bermanfaat sebagai salah satu cara untuk mengendalikan stres dan mencapai jiwa yang sehat. Cara tersebut juga diyakini dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman di tengah situasi yang kurang kondusif.
Saskhya Aulia Prima, M.Psi., Psikolog dan Co-Founder TigaGenerasi mengatakan, secara psikologis, otak manusia memang akan cenderung berusaha melawan kejenuhan dan mendorong diri untuk terus aktif. Itu sebabnya, mengeksplorasi hal baru bisa menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kreativitas sehingga dapat menggantikan pikiran-pikiran negatif.
“Selain mengurangi stres, mencoba hal baru juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dan mendatangkan sense of accomplishment (rasa bangga terhadap diri sendiri) karena telah berhasil memulai hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya,” ujarnya.
Dalam artikel ini, Saskhya membagikan 3 hal utama yang perlu diperhatikan saat ingin memulai hal baru.

Konsisten menikmati proses

Ketika ingin memulai hal baru, kita harus sadar betul dan memasang mindset bahwa tidak ada proses yang instan. Oleh karena itu, penting untuk mengapresiasi setiap progres kecil yang telah kita capai dan menyikapi jatuh bangun dengan pikiran yang lebih terbuka.
“Keadaan yang sering berubah ini kerap membuat tujuan tiap orang berubah. Namun, kunci utama dalam menjalani journey yang baru adalah konsisten, mengetahui bahwa kemungkinan terburuk bisa saja terjadi, serta mencari sisi yang menyenangkan agar terus semangat. Misalnya, mulai olahraga satu kali seminggu hingga ketemu ritme yang pas dan sense of accomplishment lalu naikkan target secara perlahan,” ujar Saskhya.

Kelilingi diri bersama grup dengan minat yang sama

Ketika kita memiliki teman dengan minat yang sama, kita lebih terpacu untuk tetap gigih karena dapat saling menyemangati dan mengingatkan satu sama lain. Selain itu, mengerjakan sesuatu bersama teman dapat meminimalisir perasaan kesepian yang sering muncul akibat pandemi.
“Sebagai makhluk sosial, kita butuh berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, support group bisa membantu menjaga semangat agar kita gak merasa ngejalanin kegiatan atau hobi baru sendirian. Caranya, cari teman dengan minat dan tujuan yang sama, lalu tentukan jadwal yang jelas dan tidak mengganggu prioritas masing-masing agar bisa konsisten dalam menjalaninya,” jelas Saskhya.

Jangan overthinking, mulai bergerak dari hal sederhana

Keluar dari zona nyaman bisa menjadi tantangan tersendiri untuk dilakukan. Terkadang kita menjadi enggan mencoba hal baru karena terlalu banyak memikirkan hal-hal lain yang belum tentu terjadi. Sebagai langkah awal dalam mengeksplorasi hal baru, alih-alih menargetkan perubahan yang jauh di luar kebiasaan, mulailah dari langkah kecil terlebih dahulu.
Contohnya, membaca artikel yang relevan atau tanya pendapat teman yang lebih berpengalaman. Tak hanya itu, eksplorasi hal baru dapat dimulai melalui hal sederhana dengan mengulik yang ada di sekitar.
Apapun motivasinya, mengeksplor kegiatan baru yang positif sebaiknya menjadi pengalaman yang berlandaskan kesenangan, sesuai dengan kemampuan, dan jangan terlalu keras pada diri sendiri.
Guna mendukung semangat eksplorasi masyarakat, ShopeePay mempersembahkan kampanye 3.15 Hari Cashback ShopeePay yang berlangsung hingga 15 Maret mendatang.
Sederet promo menarik, mulai dari Voucher ShopeePay Serba Rp30, Voucher Minimarket Rp30, dan Flash Sale Rp1, dihadirkan sehingga masyarakat dapat dengan leluasa mencoba dan menemukan hal baru.
Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay mengatakan, “Kami selalu berupaya menghadirkan teknologi untuk memudahkan kebutuhan seluruh pengguna agar dapat menjalani harinya dengan lebih produktif. Hal ini yang kemudian mendorong kami untuk terus berinovasi menghadirkan fitur, layanan, dan promo yang membawa kegembiraan serta memotivasi kami untuk mempersembahkan kampanye 3.15 Hari Cashback ShopeePay ini. Kami harap sederet promo yang kami hadirkan dapat menjadi momentum bagi para pengguna untuk menemukan cara seru dalam mengeksplorasi hal baru, mulai dari minat, kegiatan, atau bahkan camilan.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.